Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN SINETRON DAN KEBIASAAN MEMBACA NOVEL TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS TEKS DRAMA PESERTA DIDIK KELAS XI SMA
SYAMSIAH, DEWI NUR. 1511500137. 2015. “Pengaruh Kebiasaan Menyimak Tayangan Sinetron dan Kebiasaan Membaca Novel terhadap Kemampuan Menulis Teks Drama Peserta Didik Kelas XI SMA”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. H. Dandan Supratman, M.Pd.; Pembimbing II Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Kata Kunci: Kebiasaan Menyimak Tayangan Sinetron, Kebiasaan Membaca Novel, Kemampuan Menulis Teks Drama. Salah satu kemampuan menulis di sekolah yaitu menulis teks drama. Dengan menulis teks drama, peserta didik dapat menjadi penulis skenario. Mahal atau tidak karya tersebut dilihat dari kualitas isi teks. Salah satu untuk mendapat inspirasi yaitu dari kebiasaan menyimak tayangan sinetron dan kebiasaan membaca novel. Rumusan masalah penelitian ini yaitu untuk mengetahui manakah yang lebih besar pengaruhnya antara kebiasaan menyimak tayangan sinetron dan kebiasaan membaca novel terhadap kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas XI SMA. Tujuan penelitian ini untuk meyakinkan pengaruh yang lebih kuat antara kebiasaan menyimak tayangan sinetron dan kebiasaan membaca novel terhadap kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas XI SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA, yaitu sebanyak 500 orang yang diambil dari dua sekolah. Pengambilan sampel menggunakan teknik random atau acak. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 50 peserta didik dari dua sekolah. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah tes dan wawancara. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana dan uji linear ganda, sebelumnya data diuji dengan uji validitas, reliabilitas dan uji normalitas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kebiasaan menyimak tayangan sinetron lebih besar pengaruhnya daripada kebiasaan membaca novel terhadap kemampuan menulis teks drama peserta didik. Hal ini dibuktikan dari hasil penelitian yaitu tingkat pengaruh kebiasaan menyimak tayangan sinetron terhadap kemampuan menulis teks drama sebesar 17,6%. Sedangkan pengaruh kebiasaan membaca novel berpengaruh rendah terhadap kemampuan menulis teks drama sebesar 12,4%. Selain itu diketahui pula ada pengaruh yang kuat antara kebiasaan menyimak tayangan sinetron dan kebiasaan membaca novel terhadap kemampuan menulis teks drama peserta didik kelas XI SMA dengan tingkat pengaruh sebesar 28%.
15115001370 | SYA p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain