Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL PEMBELAJARAN THINK-PAIR-SHARE TERHADAP AKTIVITAS DAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI POKOK TRIGONOMETRI (Studi Penelitian yang Dilakukan Terhadap Peserta Didik kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015)
Yuliani. 2015. “Keefektifan Model Pembelajaran Think-Pair-Share Terhadap Aktivitas dan Prestasi Belajar Matematika pada Pokok Bahasan Trigonometri (Studi Penelitian yang Dilakukan Terhadap Peserta Didik Kelas X Semester II SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi. Pendidikan Matematika. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Hj. Isnani, M.Si., M.Pd.
Pembimbing II : Drs. Suwandono, M.Pd.
Kata Kunci : Keefektifan model pembelajaran Think-Pair-Share, Aktivitas dan prestasi belajar matematika, Uji Manova.
Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan : (1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) mencapai target. (2) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3) Aktivitas belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan metodel pembelajaran konvensional. (4) Ada perbedaan aktivitas dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (5) Aktivitas dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester II SMA Negeri 1 Sragi Kabupaten Pekalongan tahun pelajaran 2014/2015, jumlah populasi 299 peserta didik. Jumlah sampel adalah 76 peserta didik. Teknik pengambilan data mengguanakan tes dan observasi. Teknik analisis data menggunakan uji proporsi, uji analisis ragam multivariate dan dilanjutkan dengan uji τ^2-Hotelling, sebelumnya data sudah di uji normalitas dan uji homogenitas.
Hasil penelitian menunjukan bahwa : (1) Prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan model pembelajaran TPS pada pokok bahasan trigonometri sudah mencapai KKM. (2) Prestasi belajar matematika peserta didik yang diajar mengunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. (3) Aktivitas belajar matematika peserta didik yang diajar mengunakan model pembelajaran TPS lebih baik daripada peserta didik yang diajar dengan menggunakan metode pembelajaran konvensional. (4) Terdapat perbedaan antara aktivitas dan prestasi belajar peserta didik yang diajar mengunakan model pembelajaran TPS dengan peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional. (5) Aktivitas dan prestasi belajar matematika peserta didik yang menggunakan model pembelajaran TPS lebih baik dibandingkan dengan aktivitas belajar dan prestasi belajar peserta didik yang diajar menggunakan metode pembelajaran konvensional.
17115000990 | YUL k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain