Skripsi
PERAN PENDIDIKAN DEMOKRASI DI DALAM MENGIMPLEMENTASI PARTISIPASI POLITIK PADA SISWA KELAS XI SMK BHAKTI PRAJA TALANG TAHUN AJARAN 2014/2015
AZIZAH, NUR. 2015. “Peran Pendidikan Demokrasi di dalam Mengimplemen-tasikan Partisipasi Politik pada Siswa Kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Tahun Ajaran 2014/2015”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewargaan Negara. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Subiyanto, M. Pd.
Pembimbing II Muhaimin Sadirun, SH, MH
Kata kunci : Pendidikan Demokrasi, Partisipasi Politik
Rumusan masalah penelitian (1) Bagaimanakah peran pendidikan demokrasi bagi siswa, (2) Bagaimanakah partisipasi politik siswa, (3) Apakah ada hubungan antara peran pendidikan demokrasi dengan partisipasi politik pada siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015?
Tujuan penelitian ini (1) Mendeskripsikan peran pendidikan demokrasi siswa, (2) Mendeskripsikan partisipasi politik siswa, (3) Mendeskripsikan hubungan antara peran pendidikan demokrasi dengan implementasi partisipasi politik pada siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015.
Hipotesis “ada hubungan antara peran pendidikan demokrasi dengan implementasi partisipasi politik pada siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaͨten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015”
angket dengan skala likert, diuji validitas dan reliabilitas angket dengan 25 responden. Analisis data kuantitatif menggunakan korelasi product moment pearson.
Peran pendidikan demokrasi sebagai variabel bebas, secara kuantitatif direspon oleh 68 siswa. 9 siswa memiliki respon terhadap peran pendidikan demokrasi dengan kategori rendah. 20 siswa katagori sedang. 27 siswa katagori Cukup. 11 siswa katagori Tinggi. 1 siswa katagori sangat Tinggi. Implementasi partisipasi politik (variabel terikat) secara kuantitatif dari 68 siswa, 3 siswa memiliki respon terhadap implementasi partisipasi politik dengan kategori rendah. 23 siswa katagori sedang. 22 siswa katagori Cukup. 19 siswa katagori Tinggi. Dan 1 responden dinyatakan memiliki respon dengan katagori sangat tinggi. Peran pendidikan demokrasi memiliki hubungan yang positif dan kuat dengan implementasi partisipasi politik. Hasil rhitung = 0,661. Nilai uji t (t hitung ) = 7,153. Karena t hitung > t tabel yaitu 7,153 > 2,000 (hipotesis diterima) artinya ada hubungan antara peran pendidikan demokrasi dengan implementasi partisipasi politik pada siswa kelas XI SMK Bhakti Praja Talang Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015.
Saran kepada Lembaga Sekolah harus mampu menciptakan dan meningkatkan Pendidikan Politik kepada siswa, secara keseluruhan mampu meningkatkan kesadaran politik, karena dengan memiliki kesadaran politik yang baik akan memberikan konstribusi kepada kualitas politik Negara. Pendidikan politik bukan hanya diberikan dalam proses belajar di sekolah.
12115000540 | AZI p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain