Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN MENYIMAK TAYANGAN BERITA DI TELEVISI DAN BERAKTIVITAS MENGIKUTI KEGIATAN ORGANISASI DI SEKOLAH TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SURAT RESMI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA
FATIMATUZZUHROH, SITI. 2015. Pengaruh Menyimak Tayangan Berita di Televisi dan Beraktivitas Mengikuti Kegiatan Organisasi di Sekolah terhadap Kemampuan Menulis Surat Resmi pada Peserta Didik Kelas X SMA. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Prof. Dr. H. Dandan Supratman, M.Pd.: Pembimbing II Dra. Hj. SriMulyati, M.Pd. Kata Kunci: kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi, beraktivitas mengikuti kegiatan organisasi di sekolah, kemampuan menulis surat resmi. Tujuan penelitian ini aalah untuk meyakinkan adanya pengaruh kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi dan beraktivitas mengikuti kegiatan organisasi di sekolah terhadap kemampuan menulis surat resmi pada peserta didik kelas X SMA. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh data kemampuan menulis surat resmi yang dilihat dari faktor kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi dan beraktivitas mengikuti kegiatan organisasi di sekolah dalam peserta didik kelas X. Sampel diambil dari populasi yang berdistribusi normal. Jadi, sampel penelitian bejumlah 50 responden yang diambil dari dua sekolah. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linier sederhana dan uji regresi ganda. Hasil penelitian didapatkan bahwa, secara parsial ada pengaruh signifikan antara kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi terhadap kemampuan menulis surat resmi pada peserta didik dengan tingkat pengaruhnya sebesar 0,36 %. Hal ini ditunjukan dengan uji t hitung sebesar 2,65 lebih besar dari t tabel 2,31. Kemudian ada pengaruh yang signifikan antara beraktifitas mengikuti kegiatan organisasi di sekolah terhadap kemampuan menulis surat resmi dengan tingkat pengaruhnya sebesar 44%. Hal ini ditunjukan dengan uji t hitung sebesar 3,42 lebih besar dari t tabel 2,31.
Selain itu, ada pengaruh yang signifikan secara bersama-sama kedua variabel kebiasaan menyimak tayangan berita di televisi dan beraktivitas mengikuti kegiatan organisasi di sekolah terhadap kemampuan menulis surat resmi. Hal ini ditunjukan dengan uji F hitung sebesar 7,01 lebih besar dari F tabel 3,19. Berdasarkan analisis tersebut, faktor yang lebih signifikan berpengaruh terhadap kemampuan menulis surat resmi adalah beraktifitas mengikuti kegiatan organisasi di sekolah sebesar 31%.
15115001110 | SIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain