Skripsi
PERAN GURU DALAM PEMBENTUKAN KARAKTER DISIPLIN SISWA MELALUI MATA PELAJARAN PKN DI KELAS VIII MTS NEGERI MODEL BABAKAN KABUPATEN TEGAL (Studi kualitatif pada peserta Didik Kelas VIII di MTs Negeri Model Babakan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)
Nafis, Muhamad. 2015. “Peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui mata pelajaran ppkn di kelas VIII MTs Negeri Model Babakan Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Program studi Pendidikan Pancasilan dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan UPS Tegal
Pembimbing I : Drs. Wahyono, M.Hum Pembimbing II : Dra. Tity Kusrina, M.Pd
Kata kunci : guru, karakter, disiplin.
Fokus penelitian ini pada dasarnya mengenai peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui mata pelajaran PPKn. Rumusan masalah dalam penelitian ini (1) bagaimanakah peran guru mata pelajaran PPKn?, (2) bagaimanakah pembentukan karakter disiplin siswa?, (3) Apakah guru PKn mampu berperan dalam pembentukan karakter disiplin siswa Kelas VIII Semester II MTs Negeri Model Babakan Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015?.
Tujuan penelitian (1) mendeskripsikan peran guru mata pelajaran PKn, (2) mendeskripsikan pembentukan karakter disiplin siswa, (3) mendeskripsikan peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui mata pelajaran PPKn di Kelas VIII Semester II MTs Negeri Model Babakan Kabupaten Tegal Tahun Ajaran 2014/2015.
Pengumpulan data, reduksi, dan penyajian data serta penarikan kesimpulan atau verifikasi satu sama lainnya berinteraksi dari ketiga komponen yang ada. Metode analisis data dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik analisis data dilakukan pada saat pengumpulan data berlangsung, pada saat melaksanakaan wawancara (indepthinterview) analisis terhadap jawaban dari informan yang diwawancarai, peneliti sudah melakukan analisis terhadap jawaban dari informan yang kurang memuaskan maka peneliti akan melanjutkan/ mengajukan pertanyaan lagi sampai diperoleh data yang lebih jelas, mendalam dan dianggap kredibel.
Hasil penelitian peran guru dalam pembentukan karakter disiplin siswa melalui mata pelajaran ppkn di kelas VIII MTs Negeri Model Babakan Kabupaten Tegal, sudah cukup berjalan dengan baik. Pelaksanaan Pendidikan Karakter berjalan dengan baik, yaitu dari tujuan dan fungsi Pendidikan Karakter seperti perilaku yang ditunjukkan peserta didik kepada guru-guru maupun staf karyawan lain bahwa memiliki hubungan yang terjalin dengan baik. Hal ini memberikan kontribusi yang besar baik dalam lingkungan keluarga, sekolah, dan masyarakat. Kemudian pada kegiatan yang mendukung terhadap pengembangan Pendidikan Karakter melalui proses pembelajaran PKn, meliputi, berdoa sebelum dan sesudah KBM, dimana semua peserta didik melakukan kegiatan tersebut dengan baik. Peranan guru dalam pembentukan Karakter disiplin siswa melalui proses pembelajaran PKn yang dicerminkan dalam sikap keberanian untuk membela yang benar. Pada kedisiplinan (peraturan sekolah), hampir semua peserta didik memiliki sikap kedisiplinan cukup tinggi seperti selalu datang ke sekolah tepat waktu. Proses kegiatan belajar mengajar baik guru maupun peserta didik selalu semangat. Kemudian mengenai perilaku terhadap kepedulian lingkungan (kebersihan), bahwa hampir semua peserta didik memiliki sikap kesadaran cukup tinggi terhadap kebersihan.
Saran: Diharapkan kepada peserta didik untuk selalu mengembangkan Pendidikan Karakter dalam kehidupan sehari-hari, misalnya semangat dalam belajar di sekolah maupun di rumah dan membuang sampah pada tempatnya. Diharapkan untuk semua pihak sekolah selalu berperan aktif dalam menerapkan pengembangan Pendidikan Karakter dalam kehidupan sehari-hari, misalnya membuang sampah pada tempatnya.
12115000470 | NAF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain