Skripsi
IKLAN ROKOK DI TELEVISI DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMP
Fadhilah, Taufik. 2015. “Iklan Rokok di Televisi dan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMP”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. Bowo Hermaji, M.Pd., Pembimbing II Drs. Tri Mulyono, M.Pd / Afsun Aulia Nirmala, M.Pd. Kata kunci: iklan, penggunaan bahasa, wacana, implikasi Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah; 1) bagaimana penggunaan bahasa pada iklan rokok di Televisi; 2) bagaimana wacana persuasif yang terdapat dalam tayangan iklan rokok di televisi; 3) bagaimana implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Tujuan penelitian ini adalah; 1) untuk mendeskripsi penggunaan bahasa pada iklan rokok di televisi; 2) mendeskripsi wacana persuasif yang terdapat dalam iklan rokok di televisi; 3) untuk mendeskripsi implikasi hasil penelitian bagi pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Sumber data penelitian ini adalah beberapa stasiun televisi swasta. Wujud data dalam penelitian ini adalah berupa cuplikan atau penggalan frasa dan wacana yang terdapat dalam iklan rokok di televisi. Penyediaan data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan teknik simak catat. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian menggunakan metode padan. Penyajian hasil analisis data dalam penelitian ini menggunakan penyajian analisis data secara informal. Berdasarkan hasil penelitian terhadap penggunaan bahasa dan jenis wacana dalam iklan rokok di televisi, terdapat beberapa penggunaan bahasa tidak baku, kata kiasan, dan bahasa inggris yang terdapat dalam iklan rokok di televisi, penulis juga menemukaan fungsi wacana persuasif dalam tayangan iklan rokok di televisi. Berdasarkan hasil penelitian ini penulis menyimpulkan adanya implikasi mengenai hasil analisis iklan rokok di televisi terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMP. Penelitian ini dapat dimanfaatkan sebagai referensi bagi guru dalam menambah materi dalam ketrrampilan berbahasa Indonesia terutama dalam keterampilan menulis. Iklan rokok di televisi merupakan contoh bagaimana menulis sebuah slogan / poster.
151150001200 | TAU i C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain