Skripsi
KEEFEKTIFAN MODEL DUTI-DUTA (TWO STAY TWO STRAY) DALAM PEMBELAJARAN MENULIS KARANGAN ARGUMENTASI PADA SISWA KELAS X SMA N 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
AMALIA, RIZKI. 2015. Keefektifan Model Duti-Duta (Two Stay Two Stray) dalam Pembelajaran Menulis Karangan Argumentasi pada Siswa Kelas X SMA N 4 Tegal”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Dr. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Kata Kunci : model pembelajaran two stay two stray, karangan argumentasi. Permasalahan yang akan dikaji pada penelitian ini adalah sesuai dengan rumusan masalah di atas, maka penelitian bertujuan: (1) untuk mengetahui kemampuan menulis karangan argumentasi pada siswa kelas X SMA N 4 Tegal tahun pelajaran 2014/2015, (2) mengetahui keefektifan model pembelajaran two stay two stray dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi. Penelitian ini dilaksanakan di SMA N 4 Tegal. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X dengan jumlah 285 siswa. Sampel pada penelitian ini, yaitu kelas X IIS 4 sebagai kelas eksperimen dan X IIS 2 sebagai kelas kontrol dengan tiap kelas berjumlah 30 siswa. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan Cluster Sampling. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan metode observasi, dan metode tes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah panduan observasi dan tugas membuat karangan argumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data statistik dengan kolerasi uji t-non independen dan uji t independen, setelah rasio t di peroleh, selanjutnya membandingkan rasio t tersebut dengan nilai t tabel dan taraf signifikan 0,05. Hasil penelitian menunjukkan: (1) terdapat peningkatan yang signifikan pada kelas eksperimen dalam pembelajaran menulis karangan argumentasi, (2) model pembelajaran Two Stay Two Stray efektif untuk digunakan dalam pembelajaran karangan argumentasi. Dari uji t independen diperoleh t hitung 5,03 dan lebih besar dari t tabel 1,68.
15115000320 | RIZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain