Skripsi
PERAN GURU PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN TERHADAP PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA KELAS X SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
INTAN MIZA YUNITASARI, MEGA SELVIANA 2015. NPM : 1211500008, Judul Skripsi Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Pembimbing I : Dr. H. Munthoha Nasuha, M. Pd, Pembimbing II : Wahyu Jati Kusuma, SH,. MH
Kata Kunci : Peran Guru, Kewarganegaraan dan Karakter Siswa
Peran guru selain sebagai pengajar dan pendidik serta pelatih juga membangun karakter siswa agar siswa menjadi produktif dan aktif dengan menanamkan nilai-nilai pancasila.
Permasalahan yang dibahas dalam penelitian ini adalah apakah ada Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang.
Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah kuantitatif. Sumber data penelitian adalah kelas X SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang dengan jumlah populasi 197 siswa, sedangkan datanya berupa angka. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan teknik angket atau kuesioner. Teknik analisis data menggunakan product moment. Hipotesis yang diajukan adalah hipotesis kerja (Ha) yaitu, ada hubungan antara pembelajaran pendidikan kewarganegaraan terhadap sikap perilaku peserta didik.
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X yang berjumlah 197 siswa. Sampel 20% dari jumlah populasi maka diperoleh sebanyak 40 siswa. Variabel penelitian adalah peran guru PKn (Variabel Bebas) sebagai variabel penyebab, dan karakter siswa (Variabel Terikat) sebagai variabel akibat. Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket. Uji reliabilitas dalam penelitian ini menggunakan rumus alpha cronbarch. Hasil uji coba seluruh item reliabel. Dalam Pengujian hipotesis ini menggunakan rumus korelasi product moment.
Dari hasil analisis data diperoleh rxy sebesar 0,922 jika dibanding dengan r tabel pada taraf signifikan 5% dengan N = 40 siswa diperoleh r tabel sebesar 0,321, maka dapat disimpulkan rxy > r tabel artinya ada Peran Guru Pendidikan Kewarganegaraan Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas X SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
12115000080 | INT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain