Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE IMAGE STREAMING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS X SMA N 4 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
HANDRIYADI, RIZKI. “Keefektifan Metode Image Streaming dalam Pembelajaran Menulis Puisi pada Siswa Kelas X SMA N 4 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. H. Burhan Eko Purwanto, M.Hum. Pembimbing II Drs. Bowo Hermaji, M.Pd.
Kata kunci : metode image streaming, keterampilan menulis, puisi. Salah satu keterampilan berbahasa adalah keterampilan menulis. Menulis merupakan suatu kegiatan yang produktif dan ekspresif. Dalam kegiatan menulis, penulis haruslah terampil memanfaatkan grafologi, struktur bahasa, dan kosakata. Keterampilan menulis ini tidak akan datang secara otomatis, tetapi harus melalui latihan dan praktik yang banyak dan teratur. Metode image streaming adalah suatu proses kegiatan pembelajaran melalui pengaliran bayangan atau daya imajinasi seseorang yang terdapat dalam pemikirannya, apapun bayangan yang diperoleh nantinya akan dibubuhkan dalam sebuah tulisan. Penerapan metode image streaming diharapkan mampu membuat proses pembelajaran bahasa dan sastra Indonesia pada aspek menulis puisi menjadi lebih bervariasi. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas X IIS 3 dan X IIS 5 SMA N 4 Tegal yang berjumlah 60 siswa, dan setiap kelas berjumlah 30 siswa. Data dalam penelitian ini berupa hasil tes menulis puisi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan rumus uji-t independen yaitu untuk mengetahui ada tidaknya perbedaan hasil yang signifikan. Metode image streaming ternyata efektif pada pembelajaran menulis puisi pada siswa kelas X SMA N 4 Tegal. Hal ini dapat dibuktikan dari hasil perhitungan diperoleh t hitung sebesar 6,62 ternyata lebih besar dari pada t tabel pada taraf signifikansi 1,68.
15115000330 | RIZ k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain