Skripsi
PEMBENTUKAN KARAKTER MORALITAS ANTI KORUPSI SISWA MELALUI PEMBELAJARAN PPKN (STUDI DESKRIPTIF PADA KELAS VIII SMP N 7 PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
Fitria, Maulida.1211500045.2015.“Pembentukan Karakter Moralitas Anti Korupsi Siswa kelas VIII SMP N 7 Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi.Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Muhaimin Sadirun, S.H., M.H dan Pembimbing II Wahyu Jatikusuma, SH.MH
Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, Karakter, Moralitas, Anti Korupsi
Hal yang melatar belakangi penyusunan penelitian ini adalah keprihatinan terhadap maraknya perbuatan korupsi pada masyarakat, meningkatnya perbuatan korupsi yang dilakukan oleh pejabat negara, serta sebagai upaya untuk pencegahan perbuatan korupsi pada generasi muda dalam membentuk karakter moralitas anti korupsi siswa. Untuk memerangi korupsi adalah dengan menerapkan pendidikan anti-korupsi secara resmi disekolah, yang memiliki beberapa keunggulan seperti anggaran yang rendah diperlukan dankontinuitas dan sistematisasi program. Bahkan bagian dari kurikulum studi Civic Education (PKn). Bahwa pendidikan antikorupsi formal pendidikan pentingkebijakan yang tidak bisa lagi ditunda. Ini adalah investasi untuk mencegah korupsidalam jangka panjang.
Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada responden guru PKn dan beberapa siswa kelas VIII di SMP N 7 Pemalang. Teknik Observasi untuk mengamati pembelajaran PKn dan karakter siswa di lingkungan sekolah, yang terakhir yaitu teknik Dokumentasi dimana dokumen yang diambil berupa data-data tentang sekolah, data komponen pembelajaran dan foto yang mencakup kegiatan pembelajaran dan sikap anti korupsi
Pembelajaran PKn khususnya pada materi anti korupsi sudah cukup baik, dibuktikan dengan guru PKn melakukan pembelajaran yang sesuai dengan rencana pelaksaan pembelajaran yaitu mencakup kegiatan awal, kegiatan inti dan kegiatan penutup. Setelah pembelajaran dilakukan siswa dapat memahami materi anti korupsi dengan baik, dibuktikan dengan siswa mampu menjawab soal yang diberikan guru baik secara lisan maupun tertulis. Sedangkan yang berkaitan dengan sikap anti korupsi siswa sudah menunjukkan berbagai tindakan yang mencerminkan sikap anti korupsi walaupun belum seluruhnya dijalankannya karena semua butuh proses.
Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pemahaman materi anti korupsi dapat membentuk karakter moralitas anti korupsi pada siswa kelas VII SMP N 7 Pemalang.
12115000450 | FIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain