Skripsi
KEEFEKTIFAN STRATEGI BELAJAR CERIA DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI BEBAS KELAS VIII SMP N 3 PETARUKAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Bayu, Ginting . 2015. “Keefektifan Strategi Belajar Ceria dalam Pembelajaran Menulis Puisi Bebas Kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015 ”. Skripsi Program Studi Pendidikan Bahasa Sastra Indonesia dan Daerah, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1: Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Pembimbing II: Sutji Muljani, M.Hum. Kata kunci:pembelajara menulis puisi bebas, strategi belajar ceria Penelitian ini membahas kekefektifan strategi belajar ceria dalam pembelajaran menulis puisi bebas. Permasalahan yang diajuakan dalam penelitian ini dapat dirumuskan sebagai berikut:(1) Bagaimanakah kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas pada mata pelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP Negeri 3 petarukan tahun pelajaran 2014/2015? (2) Bagaimanakah penggunaan startegi belajar ceria dalam pembelajaran puisi bebas siswa kelas VIII SMP N 3 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015? (3) Apakah pengguanaan strategi belajar ceria efektif digunakan dalam pembelajaran menulis puisi bebas pada siswa kelas VIII SMP N 3 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015? Sedangkan penelitian ini adalah (1) Untuk mendeskripsi kemampuan siswa dalam menulis puisi bebas pada mata pelajaran bahasa Indonesia siswa kelas VIII SMP N 3 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015 (2)Untuk mendeskripsi penggunaan startegi belajar ceria dalam pembelajaran puisi bebas siswa kelas VIII SMP N 3 Petarukan Tahun Pelajaran 2014/2015.(3) Untuk mendeskripsikeefektifan strategi belajar ceria efektif dalam pembelajaran menulis puisi bebas siswa kelas VIII SMP N 3 PetarukanTahun Pelajaran 2014/2015. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Sumber data penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Petarukann tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 60 siswa, datanya berupa puisi-puisi yang bersumber dari karangan siswa. Data tersebut dikumpulkan dengan menggunakan tes lisan.Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis data statistik, denagan rumus uji t non-independent dan uji t-independent.Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu variabel bebas strategi belajar ceria dan variabel terikatnya adalah kemampuan menulis puisi bebas. Data penelitian diperoleh dari hasil analisis data uji tes secara non-independen antara nialai pre-test dan pos-test di kelas eksperimen dan kelas kontrol diperoleh nilai thitung>ttabel(10,02> 1,70 dan 7,4> 1,70). Hal ini menunjukan keefektifan strategi belajar ceria pada siswa pada saat pre-test dan pos-test. Dalam perhitungan untuk membandingkan kelas eksperimen dan kelas kontrol dengan uji t-independen diperoleh nilai thitung >ttabel(4,86> 1,70),hipótesis nol (Ho) ditolak. Hipótesiskerja (Hk) diterima.Jadi, hasil penelitian menunjukan adanya peningkatan kemampuan menulis puisi bebas dengan menggunakan strategi belajar ceria.
15095013210 | ATM k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain