Skripsi
PERANAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA DAN KEWARGANEGARAAN DALAM MEMBENTUK KESADARAN HUKUM TERHADAP PESERTA DIDIK KELAS X DI SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
WULAN, GRIYA NAWANG. 1211500019. 2015. “Peranan Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan dalam membentuk kesadaran hukum terhdap peserta didik kelas X di SMK PGRI 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015”. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs Wahyono, M. Hum.
Pembimbing II Dra.Musyidah DH, SH., M.H.
Kata Kunci : Pembelajaran, PPKn dan Hukum
Penelitian ini di latar belakangi oleh kesadaran hukum yang dimiliki oleh generasi muda masih tergolong rendah. Masih banyak generasi muda yang masih melanggar peraturan hal ini menimbulkan kekacauan. Oleh karena itu maka kesadaran hukum perlu dibentuk guna terciptanya tatanan kehidupan yang tertib dan nyaman. Kesadaran hukum adalah kesadaran untuk mematuhi peraturan tanpa adanya paksaan dari pihak lain. PPKn adalah wahana untuk melestarikan nilai-nilai luhur yang berlaku di masyarakat. Sehingga sangatlah tepat apabila PPKn dijadikan sarana untuk membentuk perilaku peserta didik salah satunya adalah perilaku yang sadar hukum. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik wawancara yang dilakukan kepada responden 12 peserta didik, 4 masyarakat,1 guru PPKn dan 1 guru BK. Teknik Observasi untuk mengamati pembelajaran PPKn dan bentuk kesadaran hukum peserta didik, yang terakhir yaitu Teknik Dokumentasi dimana dokumen yang diambil berupa data-data tentang sekolah, data komponen pembelajaran dan foto yang mencakup kegiatan pembelajaran dan perilaku kesadaran hukum peserta didik di sekolah. Dengan menggunakan sumber data primer dan sekunder, teknik pengumpulan data menggunakan metode wawancara, observasi, dan dokumentasi. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh data pembelajaran PPKn dalam membentuk kesadaran hukum peserta didik kelas X PGRI 1Taman yakni dengan menyampaikan materi sistim hukum dalam materi tersebut diarahkan untuk mematuhi hukum yang ada dalam kehidupan sehari-hari, pada proses kegiatan belajar mengajar juga selalu dilakukan sebuah pembiasaan kedisiplinan dan sanksi bagi peserta didik serta keteladan yang ditampilkan oleh guru PPKn. Bentuk kesadaran hukum peserta didik ditunjukkan dengan perilaku mematuhi peraturan yang ada di sekolah dan melaksanakan norma-norma yang berlaku. Kendala dalam membentuk kesadaran hukum peserta didik adalah pemahaman dan karakter yang dimiliki oleh peserta didik berbeda-beda dan pengawasan perilaku terhadap peserta didik masih terbatas hanya di sekolah saja. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa pembelajaran PPKn mempunyai peranan dalam membentuk kesadaran hukum terhadap peserta didik kelas X sehingga bentuk kesadaran hukum peserta didik kelas X di SMK PGRI 1 Taman Pemalang sudah baik.
12115000190 | WUL p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain