Skripsi
PENGEMBANGAN NILAI – NILAI PANCASILA DALAM PEMBELAJARAN PKn UNTUK MEMBENTUK KARAKTER PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN AJARAN 2014/2015
HANAYA,DIYAN,2015“Pengembangan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn untuk membentuk karakter peserta didik di SMK PGRI 1 Taman Tahun Pelajaran 2014/2015”
Pembimbing 1. Drs. Wahyono, M.Hum
Pembimbing 2. Dra. Hj. Mursidah,DH,SH, M.H
Kata Kunci : Nilai.Pancasila,Karakter.
Pancasila adalah suatu nilai-nilai yang melandasi tata kehidupan berbangsa,bermasyarakat dan bernegara,dan dengan demikian perlu di lakukan Pengembangan Nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn untuk membentuk karakter dan jati diri peserta didik. Rumusan masalah (1) bagaimanakah pengembangan nilai-nilai pancasila dalam pembelajaran PKn? (2) bagaimana pembentukan karakter peserta didik? (3) Apakah pengembangan nilai-nilai Pancasila dalam pembelajaran PKn dapat membentuk karakter peserta didik kelas XI SMK PGRI 1 Taman Pemalang?
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang berupa data deskriptif yaitu kata-kata atau tulisan. Jumlah responden 13 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, display data, dan conclusion/verifikasi data.
Hasil penelitian, pengembangan nilai-nilai Pancasila, mencakup Sila Pertama, misalnya doa bersama sebelum pelajaran di mulai; 2) sholat berjamaah khususnya pada waktu Dhuhur. Nilai Kemanusiaan yang Adil dan Beradab, bagi peserta didik misalnya menjenguk teman yang sakit di rumah atau di rumah sakit. Nilai Persatuan Indonesia, secara praktis dilakukan atau diterapkan oleh peserta didik XI SMK PGRI 1 Taman Kabupaten Pemalang pada dasarnya berisi nilai persatuan dan cara mempersatukan peserta didik. Keputusan yang ditetapkan atas asas musyawarah mufakat untuk kebersamaan adalah tanggung jawab bersama. Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dan Permusyawaratan Perwakilan, dalam kenyataan di lingkungan SMK PGRI 1 Taman Pemalang dapat diterapkan melalui kegiatan pemilihan ketua kelas atau ketua OSIS. Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia, di lingkungan sekolah memberikan penghargaan terhadap peserta didik yang berprestasi, dan memotivasi peserta didik yang belum berprestasi untuk giat belajar.
Pembentukan karakter peserta didik berorientasi sesuai dengan ahlak, budi pekerti, moral dan taat terhadap peraturan dan tata tertib sekolah. Sesuai dengan indikator nilai-nilai Pancasila tentang kemanusiaan, maka peserta didik mampu bersikap jujur (ketika ulangan tidak mencontek), disiplin (selalu berangkat tepat waktu,dan tidak membolos), toleransi (berusaha untuk mencintai sesama, saling menghargai antara satu dengan yang lainnya) Saran peneliti yaitu, Selama pembelajaran Guru PKn perlu memberi kesempatan kepada siswa yang belum aktif untuk berpartisipasi. Orang tua hendaknya lebih memberikan perhatian kepada putra putrinya baik di rumah maupun di sekolah.
12115000400 | HAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain