Skripsi
HUBUNGAN PENGGUNAAN MULTIMEDIA PENGAJARAN DENGAN PRESTASI BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN PADA PESERTA DIDIK KELAS X DI SMA PGRI I TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015”
SANTOSO, IMAM. 2015. Hubungan Penggunaan Multimedia Pengajaran dengan Prestasi Belajar Pendidikan Kewarganegaraan Pada Peserta Didik Siswa Kelas X di SMA PGRI I Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Drs. Wahyono, M.Pd.,
Pembimbing II Dra. Mursyadah, DH. M.Pd.
Kata Kunci : Hubungan, Multimedia, Pendidikan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya hubungan penggunaan multimedia pengajaran dengan prestasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan pada peserta didik secara maksimal dan benar.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X semester 2 di SMA PGRI I Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 162 orang. Pengambilan sampel dari perwakilan setiap kelas. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 15%. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah pernyataan dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas dan uji rehabilitas. Agar dapat ditentukan variabel yang dihitung koefisien korelasinya untuk mengetahui variabel mana yang paling kuat hubunganya.
Hasil penelitian menunjukan bahwa, dengan adanya pembelajaran melalui multimedia pengajaran kelas X di SMA PGRI I Taman Pemalang dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru sehingga meningkatkan prestasi belajar bagi peserta didik menjadi lebih baik dan menambahkan wawasan pengetahuan belajar peserta didik meningkat dalam materi pelajaran PKn. Hal ini akan lebih mempermudah bagi guru dan peserta didik dalam mencapai tujuan belajar. Kemudian diketahui ada hubungan yang kuat dengan prestasi belajar pendidikan kewarganegaraan pada peserta didik terhadap kemampuan penggunaan multimedia pengajaran.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan adalah penggunaan multimedia dapat mempermudah peserta didik dalam memahami materi yang disampaikan oleh guru. Guru diharapkan selalu berusaha untuk terus meningkatkan prestasi peserta didik supaya belajar lebih keras dan dalam pembelajaran terus terapkan dalam kegiatan belajar mengajar agar hasil belajar peserta didik menjadi lebih baik, peserta didik dapat menambahkan wawasan pengetahuan belajar dalam materi khususnya mata pelajaran PKn .
12125000290 | SAN h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain