Skripsi
KESANTUNAN BERBAHASA DALAM ACARA THE BLUSUKAN DI TRANS TV DAN IMPLIKASINYA TERHADAP PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SMA
HAYATI, NUR. 2015. “Kesantunan Berbahasa dalam Acara The Blusukan di Trans TVdan Implikasinya terhadap Pembelajaran Bahasa Indonesia di SMA”. Skripsi. Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan Daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Drs. Bowo Hermaji, M. Pd., Pembimbing II: Lely Triyana, M. Pd.
Kata kunci: kesantunan berbahasa, the blusukan, implikasi Pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah mendeskripsikan kesantunan berbahasa dalam acara The Blusukan di Trans TV berdasarkan prinsip kesantunan berbahasa dan mendeskripsikan implikasi hasil penelitian terhadap pembelajaran bahasa Indonesia di SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Objek penelitian ini adalah kesantunan berbahasa dalam acara the blusukan. Tuturan yang mematuhi prinsip kesantuan berbahasa dan prinsip tersebut dengan benar. Sumber data berupa acara The Blusukan di Trans TV pada tanggal 29 November 2014. Teknik pengumpulan data adalah metode simak bebas libat cakap dengan teknik catat. Analisis data menggunakan strategi heuristik. Penyajian hasil analisis data menggunakan metode formal dan informal. Berdasarkan hasil penelitian mengetahui jumlah kesantunan berbahasa dalam acara The Blusukan di Trans TV dari tiap-tiap bidal sebanyak 26 data, yaitu; a) bidal kearifan/kebijaksanaan (tact maxim) terdapat 4 tuturan, b) bidal keperkenaan/ pujian (appobatin maxim) terdapat 6 tuturan, c) kemurahhatian/kedermawanaan (generosity maxim) terdapat 2 tuturan, d) bidal kerendahhatian (modesty maxim) terdapat 5 tuturan, e) bidal kesetujuan (argeement maxim) terdapat 7 tuturan, f) bidal kesimpatian (symhaty maxim) terdapat 2 tuturan. Hasil penelitian tentang acara the blusukan dapat dijadikan sebagai pembelajaran di SMA khususnya teks negosiasi pada kelas X semester 1 menggunakan model pembelajaran discovery learning. Bagi guru dalam memberikan kegiatan belajar mengajar menggunakan bahasa yang santun dalam pemilihan materi ajar. Bagi siswa untuk mempelajari materi kesantunan, agar menghargai bahasa. Bagi peneliti lain untuk menambah ilmu yang sudah ada dan bahan pertimbangan penelitian dari objek lain.
15115000940 | NUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain