Skripsi
PERAN EKSTRAKURIKULER PRAMUKA TERHADAP HASIL BELAJAR PKn SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 WARUREJA TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SANJAYA, FATKHU ROZAQ AGUNG. 2015. Peran Ekstrakurikuler Pramuka terhadap Hasil Belajar PKN Sisw Kelas X SMA Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015 . Skripsi Strata 1. Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Mursyidah DH, M.H. dan Pembimbing II Drs.Subiyanto, M.Pd
Kata Kunci : Pramuka, Hasil Belajar.
Tujuan dari penelitian ini, penulis ingin mengetahui pengaruh dari peran ekstrakurikuler pramuka terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X SMA Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015.
Berdasarkan kajian teori slameto faktor yang mempengaruhi belajar ada faktor internal dan eksternal ternyata memang benar dalam penelitian ini adalah bahwa ekstrakurikuler pramuka memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PKn siswa kelas X.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Warureja yang berjumlah 188 peserta didik. Sampel yang diambil adalah 36 peserta didik dengan menggunakan teknikProportional random sampling.
Dalam mengumpulkan data, penulis menggunakan angket sebagai instrumen penelitian. Uji Coba (Try Out) dalam instrumen penelitian terdiri dari 25 butir pertanyaan. 25 butir pertanyaan tersebut valid dan dijadikan sebagai item pertanyaan untuk sampel penelitian.
Analisis data dihitung dengan menggunakan rumus korelasi product moment. Bedasarkan perhitungan, diketahui rtabel pada tarap 5% dengan N = 36 diperoleh sebesar 0,329 sedangkan dari perhitungan diperoleh rhitung = 0,92959. Karena rhitung = 0,92959> rtabel = 0,329, maka disimpulkan bahwa ekstrakurikuler pramuka memberikan pengaruh terhadap hasil belajar PKn sisw kelas X SMA Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015.
Hasil penelitian ini menunjukan adanya pengaruh yang signifikan antara ekstrakurikuler pramuka dan hasil belajar PKn sisw kelas X SMA Negeri 1 Warureja Tahun Pelajaran 2014/2015 , yang berarti bahwa hipotesis diterima. Penulis menyarankan agar siswa dan guru terutama Pembina Pramuka menjadikan hal ini sebagai wacana untuk meningkatkan ekstrakurikuler pramuka agar lebih baik lagi sebagai salah satu wadah meningkatkan hasil belajar.
Untuk itu pembina dan sekolah harus memperhatikan respon siswa atas kegiatan kepramukaan seiring dengan perkembangan pembelajaran saat ini, diperlukan strategi dan metode yang baru untuk meningkatkan minat siswa dalam kegiatan kepramukaan.
12115000420 | SAN p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain