Skripsi
PENINGKATAN KUALITAS PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN KELAS XI SMK NEGERI 1 KERSANA KABUPATEN BREBES MELALUI PEMBELAJARAN PORTOFOLIO TAHUN PELAJARAN 2014/2015
ABDUL HAKIM MUBAROK YAHYA. 2015. “Peningkatan Kualitas Pembelajaran Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan Kelas XI SMK Negeri 1 Kersana Kabupaten Brebes Melalui Pembelajaran Portofolio Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Pendidikan Kewarganegaraan. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Tity Kusrina, M.Pd; Pembimbing II Drs. Nurcholish, M.Pd
Kata Kunci: Kualitas pembelajaran PKn, Pembelajaran portofolio
Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: Apakah dengan pembelajaran portofolio dapat tingkatkan proses pembelajaran Pendidikan Kewarganegaraan yang meliputi: aktifitas bertanya, aktifitas merespon jawaban, aktifitas berpendapat dan aktifitas berkreatifitas dengan pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan pada peserta didik kelas XI di SMK Negeri 1 Kersana Kecamatan Kersana Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya peningkatan kualitas pembelajaran mata pelajaran PKn melalui pembelajaran portofolio.
Subyek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI semester Ganjil SMK Negeri 1 Kersana Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 40 orang. Penelitian ini menggunakan Metode Action Research (Penelitian Tindakan). Penelitian Tindakan ini dilakukan dalam tiga siklus.
Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan aktifitas, hasil belajar peserta didik dan kinerja guru dalam proses pembelajaran.. Pada siklus I prosentase siswa yang aktif 22,6% dan meningkat pada siklus II 55,3% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 81%. Perolehan nilai ketuntasan pada Siklus I mencapai 57,5%, siklus II meningkat menjadi 80%, kemudian meningkat lagi pada siklus III menjadi 92,50%.
Rata-rata hasil belajar juga mengalami peningkatan, pada siklus I adalah 72,75% siklus II meningkat menjadi 79% dan meningkat lagi pada siklus III menjadi 87,25%. Hal ini menunjukkan adanya peningkatan pemahaman peserta didik terhadap konsep Negara Kesatuan Republik Indonesia.
Berdasarkan hasil penelitian ini maka disarankan kepada guru hendaknya dapat membuat model pembelajaran melalui portofolio ini, dengan mempertimbangkan suatu modifikasi tertentu sesuai dengan sifat dan karakteristik keilmuannya, terutama guru yang mengalami kesulitan dalam membangkitkan semangat dan antusiasme belajar peserta didik dapat beralih kepada model pembelajaran ini. Guru dapat memanfaatkan pendekatan portofolio untuk diterapkan pada materi yang lain, karena pembelajaran yang bertumpu pada masalah, sehingga lebih menarik dan menantang.
12125000300 | YAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain