Skripsi
STUDI TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN KOMUNIKASI MELALUI TEKNIK ICE BREAKING DI VII SMP N 1 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015 (Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VII)
Matinda, Ernis. 1111500097. Studi Terhadap Peningkatan Kemampuan Komunikasi Melalui Teknik Ice Breaking Di SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 (Studi Deskriptif Analitik Pada Peserta Didik Kelas VII). Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Pembimbing I Dr. Dino Rozano, M.Pd. Pembimbing II Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Asisten Pembimbing II Rahmad Agung Nugraha, M. Si.
Kata Kunci : Kemampuan Komunikasi, Ice Breaking.
Ice Breaking dapat diartikan sebagai pemecah situasi kebekuan pikiran atau fisik siswa dengan karakteristik mampu menciptakan suasana belajar yang menyenangkan serta serius tapi santai bermain dapat meningkatkan afiliasi anak terhadap teman sebaya, dapat menjadi sarana untuk melepaskan ketegangan, meningkatkan perkembangan kognitif serta meningkatkan eksplorasi. Bermain juga meningkatkan peluang anak untuk mengembangkan kemampuan berbicara dan berinteraksi di antara teman sebaya. Kemampuan komunikasi merupakan suatu kecakapan seseorang dalam menyampaikan informasi dari satu pihak ke pihak lain/banyak pihak agar dapat terhubung dengan lingkungan sekitarnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat kemampuan komunikasi sebelum dan sesudah dikenakan Ice Breaking pada peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Jenis penelitian ini adalah Ekperimen. Desain penelitian ini adalah One-Group Pretes-Postes Design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tegal sejumlah 349 peserta didik dan sampel sejumlah 30 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah Purposive sampling. Variabel penelitian adalah Ice Breaking (variabel bebas) dan kemampuan komunikasi (variabel terikat). Kedua variabel tersebut menggunakan alat pengumpulan data berupa angket, observasi, dokumentasi dan tes. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitasnya menggunakan rumus Alpha Cronbach. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif persentase dan uji-t.
Dari hasil perhitungan analisis data menggunakan t-tes diperoleh harga thitung = 4,885. Jadi koefisien thitung sebesar 4,885 dikonsultasikan dengan ttabel = 2,045 pada taraf signifikan 5% dan derajat kebebasan (dk) = 29, jadi hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa nilai thitung lebih besar dari nilai ttabel (4,885 > 2,045). Jadi dapat dikatakan bahwa Hipotesis nol (Ho) ditolak, dan hipotesis alternatif (Ha) diterima.
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ice Breaking dapat meningkatkan kemampuan komunikasi peserta didik kelas VII SMP Negeri 1 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang direkomendasikan bagi sekolah, guru dan pembaca adalah dalam melaksanakan kegiatan sebaiknya diselingi dengan Ice Breaking agar tidak bosan dan terjalin interaksi yang baik.
11115000970 | MAR s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain