Skripsi
OPTIMALISASI BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PENEGAKAN KEDISIPLINAN PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 WARUREJA KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Handayani, Sri.2015. Optimalisasi Bimbingan Pribadi Terhadap Penegakan Kedisiplinan Peserta didik Kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dr. Suriswo, M.Pd.,
Pembimbing IIDrs. Soebianto, M.Pd.,
Kata Kunci: Bimbingan Pribadi, Penegakan Kedisiplinan
Penelitian ini dilatarbelakangi karena bimbingan pribadi yang belum maksimal dan masih rendahnya penegakan kedisiplinan peserta didik sehingga rumusan masalahnya adalah bagaimana penegakan kedisiplinan sebelum dan sesudah pemberian bimbingan pribadi dan atau tidaknya bimbingan pribadi yang optimal dalam penegakan kedisiplinan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015? Dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penegakan kedisiplinan peserta didik sebelum dan sesudah pemberian bimbingan pribadi dan untuk mengetahui ada tidaknya bimbingan pribadi yang optimal dalam penegakan kedisiplinan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian yang digunakan adalah pendekatan Kuantitatif, Jenis penelitian Eksperimen, desain penelitian One group pre-test post-test. Populasinya adalah peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 30 peserta didik dengan teknik Study populasi. Variabel dalam penelitian ini adalah bimbingan pribadi(variabel bebas) dan kedisiplinan (variabel terikat).Data dikumpulkan dengan teknik angket dan dukumentasi. Uji validitas item dalam penelitian ini menggunakan rumus korelasi product moment, sedangkan uji reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Kemudian dianalisis dengan teknik deskriptif presentase dan uji- t ( t-test).
Dari hasil perhitungan analisis deskriptif prosentase, hasil penegakan kedisiplinan setelah treatment lebih tinggi dari pada sebelum treatment. Sedangkan berdasarkan penghitungan uji-t diperoleh nilai thitung sebesar 4,639 dan setelah dikonsultasikan pada ttabel untuk dk = 30taraf signifikan 5% = 2,045 maka thitung > ttabel 4,639> 2,045 yang berarti bimbingan pribadi dapat mengoptimalkan terhadap penegakan kedisiplinan peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Warureja Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Kemudian saran yang penulis ajukan adalah agar guru BK dapat meningkatkan layanan bimbingan pribadi yang secara rutin, karena untuk mewujudkan perilaku yang berdisiplin tidak hanya dengan memberikan aturan yang ketat dan hukuman yang keras atas pelanggaran aturan tersebut, tetapi perlu juga adanya pemahaman diri dari dalam diri individu.
11115002230 | HAN o C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain