Skripsi
PENGARUH TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PERILAKU PROSOSIAL RENDAH MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN PADA PESERTA DIDIK KELAS VII SMP NEGERI 1 TANJUNG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015
FITRIYAH, LENY NUR. 1111500114. 2015. Pengaruh Teknik Role Playing Terhadap Perilaku Prososial Rendah Melalui Layanan Penguasaan Konten Pada Peserta Didik Kelas VII SMP Negeri 1 Tanjung Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Dino Rozano, M.Pd.
Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci : Perilaku Prososial,
Layanan Penguasaan Konten dengan Role Playing.
Keberhasilan terhadap perilaku prososial rendah pada peserta didik sangat ditentukan oleh pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik role playing terhadap perilaku prososial pada peserta didik. Dengan tujuan untuk mengetahui perilaku prososial peserta didik sebelum dan setelah pemberian layanan penguasaan konten dengan teknik role playing.
Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu Kuantitatif dengan jenis Penelitian Eksperimen. Populasi penelitian berjumlah 184 peserta didik, pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling ditetapkan sejumlah 38 peserta didik. Metode pengumpulan data adalah angket, observasi dan dokumentasi. Uji validitas dengan korelasi product moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Spearman Brown. Adapun hasil uji validitas try out dinyatakan valid, tidak valid dan uji reliabilitas dinyatakan reliabel. Analisis data dengan analisis deskriptif dan uji hipotesis dengan analisis t-test.
Hasil penelitian menunjukan bahwa terdapat pengaruh terhadap perilaku prososial peserta didik Setelah melakukan layanan penguasaan konten dengan teknik role playing. Hal ini dapat dilihat dari hasil analisis data thitung sebesar 15,680 jika dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan N=38 diperoleh ttabel=2,026, maka dapat disimpulkan thitung > ttabel = 15,680 > 2,026. Ini berarti, hipotesis nol (Ho) ditolak dan hipotesis kerja (Ha) diterima.
Disarankan pada peserta didik dapat memberikan sumbangan informasi perilaku prososial sehingga peserta didik dapat mengidentifikasi masalah perilaku prososial yang menghambat perkembangan pribadinya dan meminimalisir rasa acuh tak acuh/ tidak peduli terhadap kehidupan sosial peserta didik.
11115001140 | FIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain