Skripsi
HUBUNGAN ANTARA ADVERSITY QUOTIENT DENGAN PRESTASI BELAJAR MATA PELAJARAN YANG DIUJIKAN SECARA NASIONAL PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 GEBANG KABUPATEN CIREBON TAHUN PELAJARAN 2014/2015
PERMANA,ANDI. 1111500006. 2015. Hubungan antara Adversity Quotient
dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran yang Diujikan Secara Nasional
pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Gebang Kabupaten Cirebon tahun
pelajaran 2014/2015. Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan
dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Maufur, M.Pd.,
Pembimbing II : Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci : Adversity Quotient,
Prestasi Belajar.
Berdasarkan hasil pengamatan yang terjadi di lapangan, menunjukkan bahwa peserta didik belum mengetahui tingkat kecerdasan dan prestasi belajarnya. Tujuan penelitian ini adalah untuk Mengetahui Hubungan Adversity Quotient dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran yang Diujikan Secara Nasional pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Gebang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan yaitu kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMK Negeri 1 Gebang Kabupaten Cirebon Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 150 peserta didik, adapun sampel 20% diambil dari jumlah populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis korelasi infrensial, korelasi product moment.
Hasil menunjukkan bahwa tingkat prestasi belajar mata pelajaran yang diujikan secara nasional dalam kriteria sangat tinggi (23,3%) sebanyak 7 peserta didik. Sedangkan tingkat adversity quotient dalam criteria sangat tinggi (30%) sebanyak 9 peserta didik. Dari data tersebut diperoleh rxy sebesar 0,629 yang kemudian dikonsultasikan dengan rtabel untuk N = 30 taraf signifikasi 5% diperoleh rtabel = 0,361. Jadi, rxy > ttabel atau 0,629 > 0,361 hal ini menunjukkan bahwa ada hubungan adversity quotient dengan prestasi belajar mata pelajaran yang diujikan secara nasional.
Saran yang dapat dikemukakan adalah pada penelitian ini hanya mencakup dua variabel yang saling berhubungan, masih banyak factor lain yang saling berhubungan dengan variabel tesebut, seperti : intelegensi, self efficacy, motivasi, dan seterusnya. Maka alangkah baiknya jika peneliti lain dapat mengungkapkan perbedaan variabel tersebut.
11115000060 | PER h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain