Skripsi
EFEKTIVITAS LAYANANBIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK ROLE PLAYING TERHADAP PENINGKATAN KOMUNIKASI ANTAR PRIBADI PESERTA DIDIK SMP NEGERI 1 LEBAKSIU KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015. ( STUDI PTBK PADA PESERTA DIDIK KELAS VIII )
Widodo,Y,Herxi. 2015. Efektivitas Layanan Bimbingan Kelompok DenganTeknik Role Playing Terhadap PeningkatanKomunikasi Antar Pribadi Peserta Didik Di SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015(Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VIII). Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Dino Rozano, M.Pd Pembimbing II Drs. Soebianto, M.Pd.
Kata Kunci : Layanan Bimbingan Kelompok, komunikasi antar pribadi
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik role playing.
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan bimbingan konseling yang dilaksanakan dalam 2 siklus, tiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Setiap siklusnya terdapat perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, observasi, evaluasi, dan refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VIII di SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015 yang terdiri dari 12 peserta didik yaitu 6 peserta didik laki-laki dan 6 peserta didik perempuan. Data dalam penelitian ini diambil dengan menggunakan lembar aktivitas peserta didik dalam bimbingan kelompok serta aktivitas komunikasi antar pribadi peserta didik yang berbentuk uraian yang dianalisis pada setiap akhir siklus. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa untuk kemampuan komunikasi antar pribadi peserta didik mengalami peningkatan yaitu dari nilai rata-rata 1,68 pada siklus I menjadi nilai rata-rata 3,14 pada siklus II.
Dengan demikian dapat penulis simpulkan bahwa layanan bimbingan kelompok dapat mengkatkan komunikasi antar pribadi peserta didik kelas VIII SMP Negeri 1 Lebaksiu Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang dapat penulis sampaikan kepada guru bimbingan dan konseling, harus mampu mengaplikasikan berbagai layanan bimbingan dan konseling pola 17+ dalam menangani berbagai permasalahan peserta didik khususnya pelaksanaan layanan bimbingan kelompok dalam mengatasi komunikasi antar pribadi peserta didik.
11115001060 | WID e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain