Skripsi
PERAN BIMBINGAN PRIBADI TERHADAP PENINGKATAN KEPERCAYAAN DIRI RENDAH PESERTA DIDIK MTS NURUL ISLAM SLATRI BREBES TAHUN AJARAN 2014/2015 ( Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VII C )
FANDI ALFIAN, GILANG. 1111500103. Skipsi dengan judul: “Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Rendah Pada Peserta Didik MTs Nurul Islam Slatri Brebes Tahun Ajaran 2014/2015” (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas VII C). Skripsi.Program Studi Bimbingan dan Konseling.Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan.Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Dino Rozano, M.Pd
Pembimbing II : Drs. Sukoco KW, M.Pd
Kata Kunci : Peran Bimbingan Pribadi Terhadap Peningkatan Kepercayaan Diri Rendah Peserta Didik
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keadaan yang ada di kelas VII C MTs Nurul Islam Slatri Brebes yang menunjukan rendahnya tingkat kepercayaan diri peserta didik dalam proses belajar mengajar di sekolah sehingga berpengaruh dalam prestasi belajar. Tujuan penelitian ini untuk 1) Mengetahui pelaksanaan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VII C Tahun Ajaran 2014/2015. 2) Mengetahui peningkatan kepercayaan diri rendah dengan bimbingan pribadi pada peserta didik kelas VII C Tahun Ajaran 2014/2015. 3) Mengetahui ada tidaknya peran bimbingan pribadi terhadap peningkatan kepercayaan diri rendah pada peserta didik kelas VII C Tahun Ajaran 2014/2015.
Jenis penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus.Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII C MTs Nurul Islam Slatri Brebes Tahun Ajaran 2014/2015 sebanyak 33 peserta didik.Metode pengumpulan data dengan skala sikap dan observasi.Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif yaitu deskriptif presentase dan analisis deskriptif untuk data kualitatif.
Hasil penelitian ini diperoleh presentase peningkatan kepercayaan diri pada peserta didik kelas VII C sebelum mendapatkan tindakan keseluruhan mencapai rata-rata 68%.Presentase kepercayaan diri peserta didik setelah mendapat tindakan siklus II keseluruhan mencapai rata-rata sebesar 82%. Dengan kata lain bimbingan pribadi dapat meningkatkan kepercayaan diri peserta didik MTs Nurul Islam Slatri Brebes Tahun Ajaran 2014/2015.
Simpulan dari penelitian ini adalah kepercayaan diri rendah pada peserta didik dapat ditingkatkan dengan menggunakan bimbingan pribadi.Bimbingan pribadi dapat diberikan kepada peserta didik yang mempunyai permasalahan. Saran yang diberikan adalah konselor sekolah diharapkan dapat meningkatkan kepercayaan diri rendah pada peserta didik agar tercapainya kondisi yang baik saat proses belajar mengajar dan peserta didik dapat mengembangkan kepribadiannya kearah yang positif. Dari hasil analisis akhir diperoleh 10 peserta didik dengan tingkat kepercayaan diri sangat tinggi dan 23 peserta didik dengan tingkat kepercayaan diri tinggi.
11115001030 | ALF p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain