Skripsi
KEEFEKTIFAN METODE PAIRED STORY TELLING DALAM PEMBELAJARAN MENULIS CERITA PENDEK PADA SISWA KELAS XI SMK ISLAM NUSANTARA COMAL KABUPATEN PEMALANG TAHUNPELAJARAN 2014/2015
NARTININGSIH .2015.” Kefektifan Metode Paird Story Telling dalam pembelajaran menulis cerita pendek pada siswa Kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2014/2015”. Skripsi. Progdi Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia, dan daerah. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing 1: Dr. H. Burhan Eko Purwanto,M.Pd. Pembimbing II :Drs. Bowo Hermaji, M.Pd. Kata Kunci : metode paird story telling, menulis cerita pendek. Rumusan masalah: 1) bagimana kemampuan menulis cerita pendek pada siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal 2014/2015? 2) Apakah metode paired story telling efektif dalam menulis cerita pendek kelas XI SMK Islam Nusantara Comal? Penelitan ini berjenis penelitian eksperimen yang bertujuan untuk mendapatkan informasi prestasi belajar menulis cerita pendek antara siswa yang diajarakan menggunakan metode paired story telling dan tidak menggunakan metode paired story telling. Adapun populasi dalam penelitian ini, yaitu seluruh siswa kelas XI SMK Islam Nusantra Comal Tahun Pelajaran 2014/2015 yang berjumlah 315 siswa. Dari 315 siswa tersebut diambil sampel secara random sampling sebanyak 74 siswa yang dibagi menjadi 2 kelompok tiap kelompok terdiri dari 37 siswa. Kelompok 1 sebagai kelompok eksperimen dan kelompok 2 sebagai kelompok kontrol. Dari penelitan ini diperoleh dari hasil tes menulis yang dilakukan pada sampel penelitan. Analisis data dan hasil penelitan diuji dengan menggunakan uji-t berdasarkan analisis t- hitung (5,97) tempat t-tabel dengan derajat kebebasan 36 pada paraf signifikasi 0,05 hanya t-tabel 1,68. Perbandingan tersebut memberikan bahwa hipotesis penelitian ini diterima (Ho ditolak). Kedua siswa kelas eksperimen dan kelas kontrol diuji dengan menggunakan uji t independen (t-tes). Hasilnya adalah 9,5 (9,5>1,66). Ini menunjukan bahwa t-hitung lebih besar daripada t-tabel. Dengan demikian, Ho ditolak atau penelitian ini diterima. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan bahwa siswa kelas XI SMK Islam Nusantara Comal Tahun Pelajaran 2014/2015 yang diberi pembelajaran menggunkan metode paired story telling memperoleh prestasi menulis cerita pendek lebih baik daripada siswa yang diberi pembelajaran tanpa menggunkan metode paired story telling.
15115000210 | NAR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain