Skripsi
KEEFEKTIFAN LAYANAN KONSELING KELOMPOK UNTUK MENINGKATKAN RASA PERCAYA DIRI DALAM BERKOMUNIKASI PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMK NEGERI 1 RANDUDONGKAL KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Woro Setia Purwandina, 1112500220. 2015. “Keefektifan Layanan Konseling Kelompok untuk Meningkatkan Rasa Percaya Diri dalam Berkomunikasi pada Peserta Didik Kelas X SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015”, Skripsi Bimbingan dan konseling, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Dr. Maufur, Pembimbing II Drs. Sukoco KW, M.Pd.
Kata Kunci : Konseling Kelompok, Percaya Diri Dalam Berkomunikasi.
Berdasarkan pengamatan yang dilakukan di SMK N 1 Randudongkal kabupaten Pemalang rasa percaya diri dalam berkomunikasi tidaklah dimiliki oleh setiap individu khususnya para peserta didik. Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pelaksanaan layanan konseling kelompok, dan untuk mengetahui keefektifan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi pada peserta didik Kelas X SMK Negeri 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan yang digunakan adalah kuantitatif. Sebagai populasi adalah kelas X SMK N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang Tahun Pelajaran 2014/2015 sebanyak 280 peserta didik, adapun sampel 10% dari jumlah populasi. Pengambilan sampel menggunakan teknik Cluster Quota Random Sampling yaitu pengambilan sampel dimana tiap kelas diundi untuk menetapkan sampel. Teknik analisis data menggunakan analisis deskriptif presentase. Rumus yang digunakan dalam penentuan validitas instrumen adalah rumus korelasi produk momen dengan angka kasar, sedangkan rumus untuk memperoleh indeks reliabilitas yaitu dengan menggunakan rumus reliabilitas Spearman Brown.
Hasil menunjukan berdasarkan perhitungan hasil analisis uji-t untuk mengetahui tingkat pemahaman tentang percaya diri, dengan taraf signifikan 5% maka diperoleh nilai thitung > ttabel, yaitu 2,501 > 2.048. Dengan demikian simpulan yang didapat ialah adanya keefektifan layanan konseling kelompok untuk meningkatkan rasa percaya diri dalam berkomunikasi peserta didik kelas X SMK N 1 Randudongkal Kabupaten Pemalang tahun ajaran 2014/2015.
Saran bagi peserta didik hendaknya lebih percaya diri lagi dalam berkomunikasi dengan cara yakin pada diri sendiri terhadap apa yang telah dimiliki, bagi guru hendaknya lebih bisa memotivasi siswa untuk lebih percaya diri, dan bagi sekolah hendaknya memberikan ruang yang cukup dalam proses bimbingan dan konseling.
11125002200 | PUR k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain