Skripsi
THE EFFECT OF USING CAR TALK (COMPETENCE QUESTIONS, ABSTRACT THINKING AND RELATE TALK) STRATEGY TOWARD STUDENTS’ VOCABULARY MASTERY
PRATIWI, DEVI. “Pengaruh Penggunaan strategi CAR Talk (Competence questions, Abstract thinking and Relate Talk) terhadap Penguasaan Kosakata Siswa (Sebuah Penelitian Eksperimen pada siswa kelas VIII SMP N 12 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015)”. Skripsi 2015. Pendidikan Bahasa Inggris. Program Strata 1 Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Taufiqulloh, S.Pd, M.Hum., Pembimbing II Yoga Prihatin, M.Pd. Kata Kunci: CAR Talk, Kosakata, Pembelajaran Kooperatif Kosakata merupakan elemen dasar bahasa yang harus dikuasai oleh pelajar dengan baik, khususnya di dalam pembelajaran bahasa Inggris sebagai bahasa asing. ada masalah di dalam mengajar kosakata, siswa kurang menguasai kosakata dan mereka cenderung pasif jika guru tidak menggunakan media pembelajaran seperti gambar atau realia. Strategi CAR Talk is dipilih untuk mengatasi masalah tersebut. CAR Talk adalah strategi yang menggunakan interaksi membaca buku dengan memberikan pertanyaan-pertanyan yang menaikan pemahaman dan keterampilan bahasa lisan. Ada 4 rumusan masalah, 1. Bagaimana implementasi strategi CAR Talk dalam pengajaran kosakata? 2. Apakah implementasi strategi CAR Talk efektif dalam pengajaran kosakata? 3. Seberapa efektif implementasi strategi CAR Talk dalam pengajaran kosakata? 4. Apakah ada perbedaan signifikan antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi CAR Talk dan yang tidak? Penelitian ini adalah penelitian eksperimental. Dengan pola dua kelompok. Populasi penelitian ini adalah 209 siswa kelas VIII SMP N 12 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini menggunakan teknik random sampling untuk mendapatkan sampel. Jumlah sampel adalah 60 siswa. Penelitian ini menggunakan tes kosakata yang terdiri dari 50 soal pilihan ganda. Untuk mengumpulkan data, penelitian ini menggunakan nilai pretest dan nilai posttest.Berdasarkan perhitungan paired samples test dengan menggunakan SPSS pada taraf kepercayaan 95% dengan derajat kebebasan 29 dan tingkat signifikan 5%, data menunjukkan nilai signifikan 0.000 < 0.05. Artinya bahwa implementasi strategi CAR Talk yakni efektif dalam pengajaran kosakata. Dari data yang dihitung dengan paired samples correlation, menunjukkan bahwa nilai sigknifikan 0.000 < 0.05 dengan nilai correlation 0.925. itu artinya efektifan dari implemetasi strategi CAR Talk dalam pengajaran kosakata dikatagorikan sangat kuat. Kemudian, berdasarkan perhitungna independent samples test dari nilai rata-rata dua kelompok tak saling berhubungan derajat kebebasan 58 pada tingkat signifikan 5%, data menunjukkan bahwa t-hitung (2.627) > t-tabel (2.002), dan nilai signifikan 0.011<0.05. itu berarti terdapat perbedaan signifikan pada penguasaan kosakata antara siswa yang diajar dengan menggunakan strategi CAR Talk dan yang tidak. Dengan strategi CAR Talk, dapat membuat proses pembelajaran mengajar kosakata lebih efektif, efisien, dan menarik karena siswa bisa dengan bebas dan percaya diri untuk menyampaikan idea mereka. Strategi CAR Talk dianjurkan untuk para guru dalam pengajaran kosakata.
16115001260 | DEV t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain