Skripsi
THE EFFECT OF USING “STAR” (SELECT, TEACH, ACTIVATE, AND REVISIT) METHOD TOWARDS STUDENTS’ WRITING ACHIEVEMENT
NURSIDIK, HASAN. 2015. 1611500027. ‘’Pengaruh Penggunaan Metode STAR terhadap Prestasi Menulis Siswa (Sebuah Studi Eksperimen pada Siswa Kelas dua di SMP N 1 Taman Pemalang tahun pelajaran 2014/2015)’’. Skripsi S1. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing Pertama adalah Drs.H.Masfuad E.S,M.Pd., dan Pembimbing Kedua adalah Drs.Hj.Sri Wardhani,M.Pd. Kata kunci: Metode STAR, Prestasi menulis. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memperoleh informasi tentang pengaruh penggunaan Metode STAR terhadap prestasi menulis siswa kelas dua di SMP N 1 Taman Pemalang pada tahun pelajaran 2014/2015. Berdasarkan kajian teori dan kerangka berfikir, hipotesis penelitian ini adalah ‘’Penggunaan Metode STAR memberikan dampak positif terhadap prestasi menulis siswa pada kelas dua SMP N 1 Taman Pemalang pada tahun pelajaran 2014/2015. Populasi penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua di SMP N 1 Taman Pemalang. Jumlah populasi adalah 280 siswa. Penulis menggunakan cluster random sampling untuk memilih sampel penelitian. Jumlah dari sampel adalah 60 siswa. Sampel dibagi menjadi dua kelompok, setiap kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok pertama adalah kelompok eksperiman (siswa diajar menggunakan Metode STAR) dan kelompok kedua adalah kelas control (siswa yang tidak diajar dengan menggunakan Metode STAR. Penulis menggunakan post test sebagai instrument penelitian. Test tersebut membutuhkan waktu 80 menit. Jenis teks yang diujikan adalah jumbled sentences dan essay. Data diuji dengan menggunakan rumus t-test, derajat keabsahan (dk) = (n1+n2) – 25= (30=30) – 2 = 58 adalah 1,64. Level signifikan t-table adalah 5%. Hasil dari test adalah 4,24. Hal ini menunjukan bahwa hasil dari t-test lebih tinggi daripada t-table (4,24 > 1,64). Dengan kata lain, hipotesis dari penelitian ini diterima. Dari hasil analisis data, penulis menyimpulkan bahwa pengunaan Metode STAR memberikan efek positif terhadap prestasi menulis siswa kelas dua di SMP N 1 Taman Pemalang pada tahun pelajaran 2014/2015.
16115000270 | HAS t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain