0.404). Oleh karena itu, hipotesis bahwa "Ada korelasi antara kemampuan dikte dan kemampuan mendengarkan siswa di kelas VII SMP N 2 Warureja di tahun akademik 2014/2015" dinyatakan diterima. Koefisien determinasi menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson sebesar 70,89%. Korelasi ditemukan dari skor siswa pada tes dikte dan mendengarkan. Selain itu, 24 dari jumlah 30 siswa di kelas VII telah membuktikan bahwa ada korelasi antara kemampuan dikte siswa dan kemampuan mendengarkan. Artinya, dari data tersebut 80% siswa memberikan bukti adanya korelasi antara kemampuan dikte dan kemampuan mendengarkan pada siswa." />
Skripsi
THE CORRELATION BETWEEN STUDENTS’ DICTATION ABILITY AND LISTENING PROFICIENCY
NAELY KAMALIYA FITRI. 1611500088. 2014/2015. Hubungan Antara Kemampuan Dikte dan Kecakapan Mendengar Siswa (Studi korelatif di Siswa Kelas VII SMP Negeri 2 Warureja di Tahun Akademik 2014/2015). Skripsi Strata 1, Jurusan Bahasa Inggris Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Penasihat Pertama Dra. Hj. Sri Wardhani, M.Pd, Second Advisor H. Sumartono, M.Pd. Kata Kunci: Korelasi, Kemampuan Dikte Siswa, Kemampuan Mendengarkan Siswa Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada korelasi antara kemampuan dikte siswa dan kemampuan mendengarkan pada siswa kelas VII SMP Negeri 2 Warureja tahun akademik 2014/2015. Penelitian ini telah dilakukan dengan mendapatkan hasil dari tes dikte dan tes mendengarkan. Hipotesis dari penelitian ini adalah "Ada korelasi antara kemampuan dikte siswa dan keampuan mendengarkan pada siswa". Populasi pada penelitian ini adalah semua siswa kelas VII SMP Negeri 2 Warureja. Desain penelitian ini menggunakan one group design, oleh karena itu penulis hanya mengambil satu kelas sebagai sampel penelitian. Sampel diambil dengan menggunakan teknik cluster random sampling, hasilnya sampel yang didapat adalah VII.E yang berjumlah 30 siswa. Penulis menggunakan tes dikte dan tes mendengarkan. Jumlah total item instrument tes adalah 30 butir soal, dibagi menjadi dua bagian : dikte dan mendengarkan. Alokasi waktu yang disediakan 90 menit. Hipotesis diuji dengan menggunakan rumus Product Moment dari Pearson, rtest penelitian ini adalah 0,842 dengan tingkat signifikansi 5% dan rtabel adalah 0.404. Hal ini membuktikan bahwa rtest lebih tinggi dari rtabel (0.842> 0.404). Oleh karena itu, hipotesis bahwa "Ada korelasi antara kemampuan dikte dan kemampuan mendengarkan siswa di kelas VII SMP N 2 Warureja di tahun akademik 2014/2015" dinyatakan diterima. Koefisien determinasi menggunakan teknik korelasi Product Moment dari Pearson sebesar 70,89%. Korelasi ditemukan dari skor siswa pada tes dikte dan mendengarkan. Selain itu, 24 dari jumlah 30 siswa di kelas VII telah membuktikan bahwa ada korelasi antara kemampuan dikte siswa dan kemampuan mendengarkan. Artinya, dari data tersebut 80% siswa memberikan bukti adanya korelasi antara kemampuan dikte dan kemampuan mendengarkan pada siswa.
16115000880 | FIT t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain