Skripsi
THE EFFECT OF USING VOCABULARY MAP TECHNIQUE TOWARDS STUDENTS’ VOCABULARY ACHIEVEMENT
MARZUKI, IMAM: 1611500031: 2014/2015: The Effect of Using Vocabulary Map Technique towards Students’ Vocabulary Achievement (An Experimental Study to the Tenth Grade Students of SMAN 1 Bulakamba - Brebes in the Academic Year of 2014/2014). Skripsi S1, Program Pendidikan Bahasa Inggris Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. H. Rofiudin, M.Hum., Pembimbing II Dra. Hj. Sri Wardhani, M.Pd. Key Words : Teknik Peta kosakata, Pencapain Kosakata Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik peta kosakata terhadap pencapaian kosakata siswa (Studi Eksperimen pada Siswa Kelas Sepuluh SMAN 1 Bulakamba-Brebes pada Tahun Ajaran 2014/2015). Penelitian in dilakukan dengan mengelompokkan sampel menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Kelompok satu adalah kelompok eksperimen yang terdiri dari siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Peta kosakata dan kelompok dua adalah kelompok yang terdiri dari siswa yang diajar tanpa menggunakan teknik peta kosakata.
Penulis menggunakan tes kosakata sebagai instrumen penelitian ini. Sebelum penulis menggunakan instrumen untuk mendapatkan data, penulis menguji validitas dan reliabilitasnya dengan melakukan uji coba pada siswa kelas sepuluh lainnya. Test uji-coba terdiri dari 40 pertanyaan pilihan ganda. Dari uji coba itu, penulis menemukan 10 pertanyaan tidak valid, sehingga penulis hanya menggunakan 30 pertanyaan sebagai instrument untuk mengukur pencapaian kosakata dari sampel.
Analisa data penelitian ini diujikan dengan menggunakan uji-t. Berdasarkan hasil dengan tingkat kebebasan (df) 78 pada taraf signifikansi 5% (sig = 0,05), t-tabelnya adalah 1,645. Itu menunjukan t-hitung lebih tinggi dari t-tabel (7,262 > 1,645). Itu berarti ada perbedaan yang signifikan pencapaian kosakata antara siswa yang diajar dengan menggunakan teknik Peta Kosakata dan siswa yang diajar tanpa menggunakan teknik Peta Kosakata.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah bahwa penggunaan teknik Peta Kosakata memberikan pengaruh positif terhadap pencapaian kosakata siswa kelas sepuluh SMAN 1 Bulakamba-Brebes pada tahun ajaran 2014/2015.
16115000310 | IMA t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain