Skripsi
THE EFFECT OF USING PICTURE TOWARD STUDENTS’ SPEAKING ABILITY
APRIYANTO, DEDI ARDIAN. 1610500031. 2014.“Pengaruh Menggunakan Gambar Untuk MeningkatanHasil Belajar Berbicara pada Siswa Kelas Delapan SMP( Sebuah Penelitian Eksperimen di SMP Ihsaniyah Tegal, tahun ajaran 2014/2015). Skripri Program Strata 1, Fakultas keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.Dosen Pembimbing I, Drs. J.C.S. Pradjarto, M.Pd dan Dosen Pembimbing II, H. Sumartono, S.pd Kata Kunci : Pengaruh, Menggunakan Gambar, Berbicara, Hasil Belajar Penelitian ini berdasarakan sebuah penelitian tentang hasil belajar berbicara yang dilakukan oleh 30 orang siswa menggunakan gambar. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan penerapan gambar terhadap hasil belajar berbicara bagi siswa SMP kelas 2, mencari tahu apakah menggunakan gambar memberikan pengaruh positif bagi hasil belajar berbicara siswa, serta mencari tahu sejauh mana teknik tersebut efektif diajarkan. Hipotesis dari penelitian ini adalah: Terdapat pengaruh positif bagi siswa yang diajar menggunakan gambar. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan desain 2 kelompok. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas 2 semester 1 SMP Ihsaniyah Tegal tahun ajaran 2014/2015. Setelah melalui 6 kali tatap muka, beberapa prosedur dan strategi pengajaran menggunakan gambar dapat dipaparkan, seperti pemberian materi input, mempersiapkan strategi dan mental siswa sebelum penerapan gambar, penilaian, dan penguatan. Selanjutnya, analisis data mengungkapkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai berbicara siswa yang diajar dan yang tidak diajar dengan gambar, sesuai dengan adanya peningkatan nilai kelompok eksperimen dibanding kelompok control. Hal ini dibuktikan oleh hasil dari uji hipotesis menggunakan t- table yang menunjukkan bahwa t-test lebih tinggi dari pada t-table dari taraf signifikansi yaitu 5%, maka hipotesis penelitian pun diterima. Penulis menyarankan bahwa penggunaan gambar merupakan salah satu teknik yang cocok, efektif, dan mudah diterapkan dalam pengajaran berbicara Bahasa Inggris. Tidak ada prosedur khusus dalam teknik ini melainkan hanya berprinsip pada melatih siswa untuk berbicara secara terus menerus. Cara ini sangat berguna dalam membantu siswa yang memiliki kesulitan dalam berbicara.
16105000310 | APR t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain