Skripsi
THE EFFECT OF USING QUESTION ANSWER RELATIONSHIP (QAR) TOWARDS TENTH GRADE STUDENTS’ READING ACHIEVEMENT OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL
PARDIATMOJO, AGUS. 2015. 1611500121. Pengaruh Menggunakan Strategi Question, Answer , Relationship (QAR) terhadap Penguasaan Membaca Pada Siswa Tingkat Sepuluh Sekolah Menengah Kejuruan (Sebuah Penelitian Experimental di SMK Negeri 1 Slawi Tahun Ajaran (2014 – 2015). (2015) Skripsi. Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Kata Kunci: Strategy QAR, Kemampuan Membaca Siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada pengaruh positif penggunaan Strategi Question, Answer , Relationship (QAR) terhadap Penguasaan Membaca Pada Siswa Tingkat Sepuluh Sekolah Menengah Kejuruan SMK Negeri 1 Slawi Tahun Ajaran 2014 – 2015. Dalam penelitian ini sampel dibagi menjadi dua kelompok yaitu kelompok eksperimen dan kelompok control. Masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Tehnik pengambilan sampel menggunakan cluster random sampling. Yaitu dibagi menjadi dua kelompok, kelompok pertama adalah kelompok eksperimen yang terdiri dari siswa yang dijar dengan menggunakan strategy QAR dan kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang diajar menggunakan strategy Top Down. Soal yang diberikan terdiri dari 50 soal pilihan ganda. Penulis menggunakan piihan ganda sebagai instrumen untuk mengetahui validitas dan reabilitas instrumen. Penulis memberikan test try out untuk mengetahui kesetaraan kemampuan siswa sebagai sampel penelitian. Data yang diperoleh dari penelitian dengan menggunakan uji-t. Dari hasil analisis data maka diperoleh t-hitung 3.026 dengan derajat kebebasan (df) 58 yang diukur dengan taraf signifikansi 5% t-tabel adalah 2.000, itu menunjukan bahwa t-hitung lebih besar dari t-tabel (3.026 > 2.000). Jadi, terdapat perbedaan yang signifikansi dari kemampuan membaca siswa antara siswa yang diajar menggunakan strategi QAR dan siswa yang diajar menggunakan strategi Top Down. Menggunakan strategi QAR dalam pengajaran reading sangat dianjurkan sebagai alternatif untuk guru bahasa Inggris, khususnya untuk guru pengajar di SMK, untuk membuat para siswa lebih tertarik dan termotivasi untuk belajar bahasa Inggris. Penggunaan tekinik ini dapat membuat siswa lebih memahami materi bahasa inggris dengan rinci,dan membuat siswa nyaman dalam belajar, jadi ini dapat meningkatkan kemampuan membaca siswa.
Hasil penelitian ini menunjukan bahwa strategi QAR ( Question, Answer, Relationship) memberikan dampak positif terhadap kemampuan membaca siswa kelas 1 SMK N 1 Slawi Tahun Akademik 2014/2015
16115001210 | AGU t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain