Skripsi
USING DIALOGUE JOURNAL IN TEACHING WRITING TO SENIOR HIGH SCHOOL STUDENTS
WIDODO, FELLA AGNES SETYA. 1611500075. 2015. Penggunaan Dialogue Journal dalam Pengajaran Menulis terhadap Siswa SMA (Penelitian Eksperimental terhadap Siswa Kelas Sebelas SMA N 3 Brebes Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Strata 1 .Pendidikan Bahasa Inggris. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Dosen Pembimbing I, Taufiqulloh, S.Pd., M.Hum. dan Dosen Pembimbing II, Drs. H. Masfuad E.S., M.Pd Kata Kunci: Dialogue Journal, pengajaran menulis, prestasi menulis.
Banyak sekali siswa yang tidak dapat menulis dengan baik padahal menulis merupakan keterampilan yang penting. Menulis merupakan salah satu dari keempat keterampilan yang harus dikusai. Terlebih lagi, sebagian tes menggunakan kemampuan menulis untuk mengukur pengetahuan siswa. Sebagian besar siswa tidak dapat mengutarakan ide-ide mereka ke dalam tulisan dan mereka juga kurang dalam komponen menulis, seperti tata bahasa dan kosakata. Oleh karena itu, penulis memutuskan untuk menggunakan Dialogue Journal sebagai technique untuk mengajar menulis kepada siswa SMA kelas XI. Ada beberapa masalah yang akan ditampilkan dalam pertanyaan penelitian, sebagai berikut: (1) Bagaimana implementasi dari penggunaan Dialogue Journal untuk mengajar menulis kepada siswa kelas XI di SMA N 3 Brebes? (2) Apakah penggunaan Dialogue Journal efektif untuk mengajar menulis kepada siswa kelas XI di SMA N 3 Brebes? (3) Seberapa efektif penggunaan Dialogue Journal untuk mengajar menulis kepada siswa kelas XI di SMA N 3 Brebes? (4) Apakah terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi menulis antara siswa yang diajar dengan menggunakan Dialogue Journal dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan Dialogue Journal di SMA N 3 Brebes? Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif, penelitian eksperimental dan model dua-kelompok. Populasi dari penelitian ini seluruh siswa kelas XI di SMA N 3 Brebes tahun ajaran 2014/2015. Sampel dari penelitian ini sebanyak 60 siswa yang diambil melalui teknik pengambilan sampel dengan acak. Tes yang digunakan adalah tes tertulis untuk mengukur kemampuan menulis siswa. Tes tersebut berisi beberapa instruksi untuk memandu siswa dalam mengerjakan tes. Tes tersebut diberikan sebanyak dua kali untuk kedua kelompok. Hasil dari signifikan adalah 0.003 dan hasil tersebut lebih rendah dari 0.05 (0.003<0.05). Hal ini berarti hipotesis nol ditolak dan hipotesis alternatif diterima. Terdapat perbedaan yang signifikan dalam prestasi menulis antara siswa yang diajar dengan menggunakan Dialogue Journal dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan Dialogue Journal. Siswa yang diajarkan dengan menggunakan Dialogue Journal mendapat nilai yang lebih tinggi dalam menulis dari pada siswa yang tidak diajar dengan menggunakan Dialogue Journal. Dapat disimpulkan bahwa penggunaan dialogue journal efektif untuk mengajar menulis kepada siswa SMA kelas XI di SMA N 3 Brebes tahun ajaran 2014/2015.
16115000750 | WID u C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain