Skripsi
THE EFFECT OF USING PQ4R (PREVIEW, QUESTION, READ, REFLECT, RECITE, AND REVIEW) STRATEGY ON READING ACHIEVEMENT OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL
HAPSARI, OKTAVIANI.1611500143:2015. The Effect of Using PQ4R(Preview, Question, Read, Reflect, Recite, and Review) Strategy on Reading Achievement of the eight grade students of Junior High School (An Experimental Research at State Junior High School 2 Bantarbolang in Academic Year 2014/2015). Skripsi. Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Dosen pembimbing pertama Drs. JCS. Pradjarto, M.Pd, dosen pembimbing kedua H. Sumartono, M.Pd.
Kata kunci : PQ4R Strategy dan Prestasi Membaca Latar belakang pemilihan judul penelitian ini adalah adanya permasalahan berupa kurangnya daya tarik siswa SMP N 2 Bantarbolang dalam pembelajaran Bahasa Inggris, khususnya dalam kemampuan membaca. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah PQ4R Strategy memberi pengaruh positif terhadap prestasi membaca siswa kelas VIII SMP N 2 Bantarbolang tahun Akademik 2014/2015. Penelitian ini adalah penelitian eksperimentalyang menggunakan dua grup desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas dua SMP Negeri 2 Bantarbolang yang berjumlah 219 siswa. Penulis menggunakan teknik kluster random sampling untuk mengambil sampel. Total jumlah sampel adalah 60 siswa yang dibagi kedalam dua kelompok. Kelompok pertama adalah kelompok experimen yang terdiri dari 30 siswa yang diajar menggunakan strategi PQ4R. Kelompok kedua adalah kelompok kontrol yang terdiri dari 30 siswa yang tidak diajar dengan menggunakan strategi PQ4R. dalam penelitian ini penulis menggunakan instrumen tes berupa pilihan ganda yang terdiri dari 40 soal. Untuk menganalisis data, penulis menggunakan Uji t untuk mengetahui efek positif dari penggunaan strategi PQ4R. Penulis juga menggunakan rumus dari produk momen apakah instrumen tersebut valid dan reliabel. Analisis data dalam penelitian ini dihitung dengan menggunakan uji t. Berdasarkan hasil penghitungan Uji t diperoleh harga t-rasio sebesar 3,833. Dengan taraf sigifikansi 5% dan derajat kebebasan 58, diperoleh harga t-tabel sebesar 2,002. Ini berarti t-rasio lebih besar daripada t-tabel (3,833>2,002). Berdasarkan analisa data post test, diperoleh rata-rata nilai kelompok eksperimen sebesar 85,5 dan rata-rata nilai kelompok control sebesar 83,2. Ini berarti rata-rata nilai kelompok eksperimen lebih besar di banding rata-rata nilai dari kelompok control (85,5>83,2). Dari hasil tersebut, dapat dikatakan hipotesis dalam penelitian ini (H1) diterima.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah PQ4R Strategy memberi pengaruh positif pada prestasi membaca siswa dikelas VIII SMP N 2 Bantarbolang Tahun Akademik 2014/2015.
16115001430 | OKT t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain