Skripsi
THE EFFECT OF USING SENSITIZING TECHNIQUE TOWARD READING ACHIEVEMENT ON THE SECOND GRADE STUDENTS OF VOCATIONAL HIGH SCHOOL
ALAM, ADAM PRANATA. 1609502354. Pengaruh Penggunaan Teknik Sensitizing terhadap Hasil Belajar Membaca (Penelitian Experimental pada Siswa Kelas XI SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Ajaran 2014/2015). Skripsi Strata 1, Pendidikan Bahasa Inggris, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I Drs. J. C. S. Pradjarto, M.Pd., Pembimbing II Drs. H. Masfuad Edy Santoso, M.Pd. Kata Kunci: Teknik Sensitizing, Hasil Belajar Membaca Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan teknik sensitizing dalam mengajar terhadap hasil belajar membaca siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkan landasan teori dan kerangka berpikir, hipotesis penelitian ini adalah “Teknik sensitizing memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar membaca siswa”. Jenis penelitian ini adalah eksperimental. Populasinya berjumlah 95 siswa dan sampelnya sebanyak 60 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik sampling acak untuk mengambil sampel. Sampel tersebut terdiri dari dua kelompok,yaitu kelompok eksperimen dan kontrol, masing-masing kelompok terdiri dari 30 siswa. Kelompok eksperimen diajar menggunakan teknik sensitizing, sementara elompok kontrol diajar menggunakan teknik perkuliahan. Penulis menggunakan tes membaca sebagai instrumen penelitian. Jenis tesnya adalah pilihan ganda dengan 5 pilihan jawaban: a, b, c, d, and e. Penulis menggunakan tes uji coba pada 30 siswa lainnya yang memiliki kompetensi sama dengan sampel untuk menentukan validitas dan reliabilitas instrumen. Analisis data diuji menggunakan t-test untuk menguji perbedaan rata-rata pada kedua kelompok. Pada taraf signifikasi 5% dan derajat kebebasan 58, nilai t-tabel adalah 2.000. Perhitungannya menunjukkan nilai t-rasio adalah 5.484. Hal ini menunjukkan bahwa nilai t-rasio lebih tinggi daripada nilai t-tabel (5.484 > 2.000). Ini berarti bahwa hipotesis penelitian ini diterima. Teknik sensitizing memiliki pengaruh positif terhadap hasil belajar membaca siswa. Nilai rata-rata pada kelompok eksperimental lebih tinggi daripada kelompok kontrol. Nilai rata-rata kelompok eksperimental adalah 64.47, sementara pada kelompk kontrol adalah 61.07. ini berarti bahwa teknik sensitizing meningkatkan kemampuan membaca siswa. Berdasarkan analisis data, penulis mengambil kesimpulan bahwa penggunaan teknik sensitizing memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar membaca siswa kelas XI SMK Muhammadiyah Slawi Tahun Ajaran 2014/2015.
16095023540 | ALA t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain