Skripsi
THE EFFECT OF USING GROUP GRID TECHNIQUE ON READING ACHIEVEMENT OF THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF JUNIOR HIGH SCHOOL
Jamil, M.Nuridin. 2015. 1611500086. Pengaruh penggunaan group grid technique terhadap hasil belajar membaca siswa SMP kelas VIII (penelitian ekpserimental di SMP Negeri 2 Pemalang tahun pelajaran 2014/2015). Skripsi. Program strata. Pendidikan bahasa inggris, fakultas keguruan dan ilmu pendidikan, universitas pancasakti tegal. Pembimbing pertama: Drs.J.C Sutoto Pradjarto, M.Pd. pembimbing dua: H.Sumartono, M.Pd. Kata Kunci: penelitian eksperimental,group grid technique, narrative text, hasil belajar membaca siswa. Penelitian ini membahas pengaruh penggunaan Group Grid Technique terhadap hasil belajar membaca pada siswa kelas VIII SMP 2 Pemalang tahun pelajaran 2014/2015. Tujuan utama dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan Group Grid Technique terhadap hasil belajar membaca siswa. Peneliti menggunakan Group Grid Technique karena teknik ini dapat mempengaruhi hasil belajar membaca siswa. Group Grid adalah teknik yang menggunakan grid kosoong dalam proses pembelajaran. Berdasarkan dari teori, hipotesis dalam penelitian ini adalah : terdapat pengaruh yang positive terhadap hasil belajar membaca siswa dengan menggunakan Group Grid Technique. Agar mencapai tujuan, penelitian ekperimental digunakan. Dalam melaksanakan penelitian ini, peneliti menggunakan disain dua kelas/group. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas delapan yang berjumlah 298 siswa. Penelitian ini menggunakan teknik cluster random sampling dalam pengambilan sampel. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari 30 siswa dari kelas ekperimental (VIII D) dan 30 siswa dari kelas kontrol (VIII A). Peneliti menggunakan test pilihan ganda sebagai instrumen dalam pengumpulan data. Terdapat 30 soal pilihan ganda. Untuk menganalisi data, peneliti menggunakan rumus t-test. Hasil penelitian menunjukkan perbaikan yang signifikan pada hasil belajar siswa. Berdasarkan hasil penghitungan dari analisis data dengan menggunakan rumus t-test, nilai t-test dengan taraf signifikan 5% adalah 1,645. Sedangkan t-hitung adalah 3,647. Hasil itu menunjukkan bahwa t-hitung lebih tinggi dibandingkan t-tabel (3,764 > 1,645). Berdasarkan penghitungan, hipotesis dari penelitian ini dapat diterima. Menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif pada penggunaan Group Grid technique terhadap hasil belajar membaca siswa SMP kelas VIII. Dari itu, dapat disimpulkan bahwa siswa yang diajar dengan menggunakan Group Grid Technique mendapatkan hasil yang lebih baik dibandingkan siswa yang diajar dengan menggunakan previewing technique.
16115000860 | JAM t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain