Skripsi
THE EFFECT OF USING SHORT STORIES TOWARDS STUDENTS’ READING SKILL
PRAMUDITA, RATIH YUYUN EKA. 2015. 1611500147. Pengaruh Penggunaan Cerita Pendek Terhadap Kemempuan Membaca Siswa (sebuah penelitaian eksperimental pada siswa kelas VIII di SMP Negeri 2 warureja tahun ajaran 2014/2015). Jurusan Pendidikan Bahasa Inggris. Dosen pembimbing 1 Dra. H. Sri Wardhani, M.Pd. Dosen pembimbing 2 Yulia Nur Ekawati, M.Pd. Skripsi. S1. Fakultas Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal. Kata kunci: Penggunaan Cerita Pendek dan Kemampuan Membaca Siswa Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh dari penggunaan cerita pendek terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII di SMP N 2 Warureja. Berdasarkan kajian teori dan kerangka berpikir, hipotesis dari penelitian ini adalah: “terdapat pengaruh positif pada penggunaan cerita pendek terhadap kemampuan membaca siswa kelas 8 di SMP N 2 Warureja. Penelitian ini menggunakan Metode eksperimen. Dalam penelitian ini, penulis menggunakan desain dua kelompok. Populasi dari penelitian ini adalah siswa kelas VIII di SMP N 2 Warureja yang terdiri dari 324 siswa. Penulis mengambil sampel dengan menggunakan teknik cluster random sampling. Sampel terdiri atas 60 siswa yang dibagi menjadi dua kelompok. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimental yang terdiri dari 30 siswa yang diajar dengan menggunakan cerita pendek dan kelompok kedua sebagai kelompok control yang terdiri dari 30 siswa yang tidak diajar dengan menggunakan cerita pendek. Penulis menggunakan tes sebagai instrument penelitian yang terdiridari 30 butir dalam bentuk pilihan ganda. Untuk mengukur relibilitas dan validitas tes, penulis memberikan try out test pada 30 siwa lain yang bukan merupakan sampel penelitian.
Untuk menganalisis data, penulis menggunakan uji-t untuk mengetahui perbedaan kemampuan membaca dari dua kelompok tersebut. Pada taraf signifikan 5 % dan derajat kebebasan (dk) 58 diperoleh t-tabel 1,645 dan t-hitung 7,270.Berdasarkan perhitungan tersebut t-hitung lebih besar dari t-tabel. Hal tersebut dapat di artikan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan terhadap kemampuan membaca siswa antara siswa yang diajar dengan menggunakan cerita pendek dan siswa yang tidak diajar dengan menggunakan cerita pendek. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan cerita pendek dalam pengajaran membaca memberi pengaruh positif terhadap kemampuan membaca siswa kelas VIII di SMP N 2 Warureja.
16115001470 | PRA t C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain