Skripsi
HUBUNGAN MINAT STUDI LANJUT TERHADAP HASIL TES KECERDASAN (IQ) PESERTA DIDIK KELAS X MIA SMA NEGERI 1 KOTA TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
SULISTIOWATI, NENG ELA. 1111500127. 2015. “Hubungan Minat Studi Lanjut Terhadap Hasil Tes Kecerdasan (IQ) Peserta Didik Kelas X MIA SMA Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015”.Skripsi. Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I : Drs. Sukoco KW, M.Pd., Pembimbing II : Dr. Hj. Sitti Hartinah,DS, MM.
Kata Kunci : Minat Studi Lanjut dan Hasil Tes Kecerdasan (IQ)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui minat studi lanjut, untuk mengetahui hasil tes kecerdasan (IQ) pada peserta didik, dan untuk mengetahui hubungan minat studi lanjut terhadap hasil tes kecerdasan (IQ) peserta didik kelas X MIA SMA Negeri 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Populasi berjumlah 195 peserta didik, sampel sejumlah 30 peserta didik, teknik sampling yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik cluster quota random sampling. Data dikumpulkan menggunakan alat berupa angket, Teknik analisis data menggunakan product moment, dan deskriptif prosentase.
Pada variabel X (Minat Studi Lanjut) dalam kategori sangat rendah sebanyak 2 responden (67%), kategori rendah sebanyak 1 responden (3,3%), kategori cukup sebanyak 2 responden (6,7%), kategori sedang sebanyak 7 responden (23,3%), kategori tinggi sebanyak 16 responden (53,3%), kategori sangat tinggi sebanyak 2 responden (6,7%). Kondisi tersebut menunjukan bahwa minat studi lanjut peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Kota Tegal tergolong dalam kategori tinggi sebanyak 16 responden (53,3%). Sedangkan variabel Y (Hasil Tes Kecerdasan (IQ)) dalam kategori rata–rata tinggi sebanyak 26 responden (skala IQ 110-119), dan superior / unggul sebanyak 4 responden (skala IQ 120-129). Kondisi tersebut menunjukan bahwa hasil tes kecerdasan (IQ) pada peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Kota Tegal tergolong dalam kategori rata-rata tinggi sebanyak 26 responden (skala IQ 110-119). Dari data tersebut dipeeroleh r_(xy )= 0,607 dan setelah dikonsultasikan dengan r_tabel taraf signifikan 5%= 0,361, maka r_hitung=0,607>r_(tabel ) 0,361 (ts 5%) yang berarti hipotesis kerja 〖(H〗_a) diterima.
Kesimpulan yang dapat diambil dari penelitian ini adalah Ada hubungan positif dan signifikan antara minat studi lanjut terhadap hasil tes kecerdasan (IQ) peserta didik kelas X MIA SMA N 1 Kota Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Saran yang diajukan kepada sekolah diharapkan agar dapat digunakan sebagai masukan positif bagi sekolah sebagai usaha untuk meningkatkan minat studi lanjut peserta didik untuk kehidupannya di masa depan, bagi guru BK diharapkan menjadi salah satu acuan dalam pemberian layanan bimbingan dan konseling dengan memperoleh data dan informasi tentang berbagai macam studi lanjut, bagi peserta didik, diharapkan mampu meningkatkan minat studi lanjut peserta didik dan pengetahuan mengenai studi lanjut yang akan ditekuni peserta didik di masa depan.
01111500127 | SUL h C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain