Skripsi
PERAN KONSELING KELOMPOK BERPENDEKATAN BEHAVIORIAL DENGAN TEKNIK MODELING TERHADAP PENINGKATAN PERILAKU DISIPLIN PESERTA DIDIK SMA NEGERI 1 BULAKAMBA KAB. BREBES TAHUN PELAJARAN 2014/2015 ( Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI)
RAHMAWATI, LAELITA. 1111500113. Skipsi dengan judul:“ Peran Konseling Kelompok Berpendekatan Behaviorial Dengan Teknik Modelling Terhadap Peningkatan Perilaku Disiplin Peserta Didik SMA Negeri 1 Bulakamba Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015” (Studi PTBK Pada Peserta Didik Kelas XI). Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I : Dr. Dino Rozano, M.Pd
Pembimbing II : Dr. Suriswo, M.Pd
Kata Kunci: Konseling Kelompok, Berpendekatan Behaviorial Dengan Teknik Modeling, Peningkatan Perilaku Disiplin
Penelitian ini dilaksanakan berdasarkan keadaan yang ada di kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kab. Brebes Tahun Pelajaran 2014/2015 yang menunjukan rendahnya perilaku disiplin peserta didik dalam melaksanakan tata tertib sekolah sehingga berpengaruh dalam prestasi belajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk 1) Mengetahui pelaksanaan konseling kelompok berpendekatan behaviorial dengan teknik modelling terhadap peningkatan perilaku disiplin peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kab. Brebes tahun pelajaran 2014/2015. 2) Mengetahui bentuk perilaku disiplin peserta didik dalam melaksanakan tata tertib sekolah. 3) Mengetahui ada tidaknya peran konseling kelompok berpendekatan behaviorial dengan teknik modeling terhadap peningkatan perilaku disiplin peserta didik sma negeri 1 bulakamba kab. brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian Tindakan Kelas Bimbingan dan Konseling dengan melaksanakan dua siklus. Subjek dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kab. Brebes sebanyak 33 peserta didik. Metode pengumpulan data dengan skala sikap dan observasi. Sedangkan teknik analisis datanya menggunakan analisis data kuantitatif yaitu deskriptif presentase dan analisis deskriptif untuk data kualitatif.
Hasil penelitian ini diperoleh presentase peningkatan perilaku disiplin pada peserta didik kelas XI sebelum mendapatkan tindakan mencapai rata-rata 59,6 dengan persentase 30,3%. Perilaku disiplin peserta didik setelah mendapat tindakan pada siklus I dengan nilai rata-rata mencapai 65 presentase 33,3%, dan pada siklus II dengan nilai rata-rata 68,8 dengan persentase 42,4%. Dengan kata lain konseling kelompok berpendekatan behaviorial dengan teknik modelling dapat meningkatan perilaku disiplin peserta didik kelas XI SMA Negeri 1 Bulakamba Kab. Brebes tahun pelajaran 2014/2015.
Simpulan dari penelitian ini adalah bahwa peran konseling kelompok berpendekatan behavioral dengan teknik modelling dapt meningkatkan perilaku disiplin. Saran yang diberikan adalah layanan konseling kelompok dapat digunakan sebagai alternatif dalam pelaksanaan bimbingan dan konseling disekolah untuk meningkatkan prestasi peserta didik.
01111500113 | RAH p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain