Skripsi
KARAKTERISTIK SIFAT MEKANIK PENAMBAHAN FRAKSI BERAT SERBUK BESI PADA PENGECORAN PADUAN ALUMINIUM VELG VARIASI SEPEDA MOTOR
Mukhlisin, 2015 “Karakteristik Sifat Mekanik Penambahan Fraksi Berat Serbuk Besi Pada Pengecoran Paduan Aluminium Velg Variasi Sepeda Motor“ Skripsi Program Studi Teknik Mesin, Fakultas Teknik, Universitas Pancasakti Tegal. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui karakteristik sifat mekanik pada pengecoran ulang paduan velg Aluminium bekas yang ditambahkan dengan serbuk besi cor kelabu terhadap nilai kekerasan Brinell dan kekuatan Bending, dengan prosentase Fe (0%, 5%, 10%, 15%). Bahan dasar velg variasi yamaha vixion, komposisi 85,60 % Al dan 7,98 % Cu, 1,02% Mn, 0,43% Ni, 4,19% Zn, 0,08% Pb, 0,08 Sn dan juga mengandung unsur Fe 0,61 %. Sedangkan serbuk besi yang digunakan memiliki komposisi Fe yang merata C 3,691%, Si1,669%, Mn 0,336%, P 0,178%, S 0,175%, Cr 0,093%, Ni 0,038%, Mo 0,010%, Cu 0,105%, Al 0,0049%, V 0,015%, Co 0,004%, Nb 0,0050, dan Ti 0,030%. Proses penelitian dimulai dari penyiapan alat dan bahan sebelum pembuatan spesimen dengan cara pengecoran ulang yang ditambahkan dengan serbuk besi menggunakan proses pengecoran metode Stir Casting. Cetakan yang dipakai dalam pembuatan spesimen benda uji menggunakan cetakan logam dengan pendinginan suhu ruangan.Tahap analisa pengaruh penambahan serbuk besi dilakukan dengan pengambilan data dari hasil uji kekerasan Brinell dan uji tekan Bending dengan standar JIS. Hasil penelitian pengaruh fraksi berat serbuk besi pada pengecoran ulang paduan Aluminium velg variasi sepeda motor terhadap sifat mekanik, menurunkan nilai kekerasan pada tiap prosentase penambahan serbuk besi, nilai kekerasan paling rendah pada penambahan 15% Fe = 61,4 Kgf/mm² tetapi mampu meningkatkan kekuatan bending rata-rata tertinggi pada penambahan 15% Fe = 7,343Mpa. Kata kunci : Cast Wheel, StirCasting, Serbuk besi.
64115000080 | MUK k C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain