Skripsi
EKSPEKTASI PERENCANAAN KARIER DENGAN LAYANAN BIMBINGAN KARIER PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 5 TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
BASRI, HASAN. 2015. Ekspektasi Perencanaan Karier dengan Layanan Bimbingan Karier Peserta Didik Kelas X SMA Negeri 5 Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi. Jurusan Bimbingan dan Konseling. Fakultas Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal. Pembimbing I: Dra. Sri Sumarsih, M.Pd. Pembimbing II: Dr. Suriswo, M.Pd.
Kata Kunci: Ekspektasi Perencanaan Karier, Layanan Bimbingan Karier.
Ekspektasi perencanaan karier adalah harapan peserta didik dalam menentukan langkah yang akan dilakukan dalam karier untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan sesuai dengan kemampuan dan persyaratan yang meliputi pengetahuan dan pemahaman akan diri sendiri, pengetahuan dan pemahaman akan pekerjaan, serta penggunaan penalaran yang benar antara diri sendiri dan dunia kerja. Layanan bimbingan karier adalah membantu peserta didik memahami dirinya serta memberikan sejumlah informasi yang nantinya akan digunakan sebagai bahan pertimbangan keputusan khususnya yang berkaitan dengan pemilihan program atau jurusan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui untuk mengetahui hubungan ekspektasi perencanaan karier terhadap layanan bimbingan karier peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Tegal.
Penelitiaan ini menggunakan pendekatan kuantitaif, jenis penelitian non ekperimen, dan desain penelitian korelasioner. Variabel dalam penelitain ini ada macam yaitu ekspektasi perencanaan karier sebagai variabel bebas dan layanan bimbingan karier sebagai variabel terkait. Populasi penelitian ini sebanyak 225 peserta didik. Teknik sampling yang digunakan adalah random sampling di mana sampel adalah 15% dari peserta didik kelas X berjumlah 37 peserta didik. Metode pengumpulan data menggunakan angket, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan deskriptif persentase dan korelasi product moment
Berdasarkan analisis deskriptif persentase ekspektasi perencanaan karier 32% (kriteria tinggi) dan layanan bimbingan karier 35% (kriteria tinggi). Sedang korelasi product moment diperoleh rhitung=0,616, dan rtabel=0,418, jadi nilai rhitung > rtabel. Berdasarkan perhitungan tersebut maka Ho penelitian ditolak dan Ha penelitian diterima dengan kategori tinggi. Jadi dapat dinyatakan bahwa ada hubungan ekspektasi perencanaan karier terhadap layanan bimbingan karier peserta didik kelas X SMA Negeri 5 Tegal.
Disarankan kepada kepala sekolah hendaknya selalu memantau dan mensuport program layanan bimbingan karier yang diberikan guru bimbingan konseling di sekolah, agar mampu menjawab semua ekspektasi perencanaan karier peserta didik, guru pembimbing lebih meningkatkan lagi fungsi dan peran layanan bimbingan karier dengan mengetahui ekspektasi perencanaan karier peserta didik sehingga perencanaan karier sesuai, tepat, dan terarah, dan peserta didik berupaya mencapai perencanaan karier dengan memanfaatkan layanan bimbingan karier oleh guru bimbingan konseling.
11115001890 | BAS e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain