Skripsi
PENGARUH KUALITAS PELAYANAN, LOKASI DAN FASILITAS TERHADAP KEPUASAN PENGUNJUNG PADA BAHARI INN KOTA TEGAL
MUHAMMAD ROSYID RIDHO. PengaruhKualitas Pelayanan, Lokasi Dan Fasilitas Terhadap Kepuasan Pengunjung Pada Bahari Inn Kota Tegal. Skripsi. Tegal : Fakultas Ekonomi Universitas Pancasakti Tegal. 2015.
Penelitianinibertujuanuntukmengetahui pengaruhkualitas pelayanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung pada Bahari Inn kota Tegal secara parsial maupun simultan.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah apakah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung secara parsial maupun simultan. Hipotesis pada penelitian ini adalah terdapat pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung secara parsial maupun simultan pada Bahari Inn kota Tegal. Sehingga lokasi penelitian ini berada di hotel Bahari Inn di Jl. Dr. Wahidin sudirohusodo 1 Tegal 52116.
Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuesioner dan studi perpustakaan. Tehnik penguji instrumen penelitian dengan uji validitas dan uji reliabilitas. Sedangkan tehnik analisis data yang digunakan adalah analisis korelasi rank spearman, uji signifikansi koefisien korelasi, analisis korelasi berganda, uji signifikansi koefisien korelasi berganda dan analisis koefisien determinasi.
Berdasarkan hasil hitung uji validitas menyatakan seluruh kuesioner valid karena hasil rhitung > rtabel. Untuk uji reliabilitas seluruh variabel dinyatakan reliabel karena rhitung > rtabel. Berdasarkan hasil perhitungan korelasi Rank Spearman diperoleh pengaruh kualitas pelayanan terhadap kepuasan pengunjung tergolong kuat karena nilai rhitung sebesar 0,649. Serta pengaruhnya signifikan karena nilai rhitung (0,649) > (0,197). Sementara pengaruh lokasi terhadap kepuasan pengunjung tergolong sedang karena nilai rhitung sebesar 0,561. Serta pengaruhnya signifikan karena nilai rhitung (0,561) > (0,197). sedangkan pengaruh fasilitas terhadap kepuasan pengunjung tergolong rendah karena nilai rhitung sebesar 0,275. Serta pengaruhnya signifikan karena nilai rhitung (0,275) > (0,197). Dari hasil uji korelasi berganda diperoleh nilai rhitung sebesar 0,833, jadi pengaruh kualitas pelayanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung secara bersama-sama tergolong sangat kuat. Pada hitung signifikansi korelasi berganda memperoleh nilai Fhitung (24,505) > Ftabel (3,078). Maka terdapat pengaruh yang signifikan antara kualitas pelayanan, lokasi dan fasilitas terhadap kepuasan pengunjung secara bersama-sama. Pada analisis koefisien determinasi memperoleh hasil Pengaruh atau kontribusi untuk mendapatkan kepuasan pengunjung pada faktor kualitas pelayanan, lokasi dan fasilitas mencapai 69,3%.
41115000540 | RID p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain