Skripsi
PENGARUH KEBIASAAN BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR KEWIRAUSAHAAN PADA SISWA KELAS XI SMK PGRI 2 TAMAN KABUPATEN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci : Kebiasaan Belajar, Hasil Belajar kewirausahaan
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya Studi korelasi kebiasaan belajar dengan hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas xl SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas xl administrasi perkantoran sebanyak 140 orang. Pengambilan sampel menggunakan teknik random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 10% dari populasi yaitu 14. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, dokumentasi, angket.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, terdapat regresi yang signifikan antara kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa kelas xl SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang hitung yang diperoleh b lebih besar dari 0 (b > 0). Hipotesis 7,1 > 0 maka ada pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas xl SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang dan jika 7,1 ≤ 0 maka tidak ada pengaruh positif kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas xl SMK PGRI 2 Taman Kabupaten Pemalang. Rata-rata dengan nilai 21,43 dalam kategori baik dan 28,57 dalam kategori sedang dan standar deviasi 20,73. Maka dapat dikatakan bahwa kebiasaan belajar yang rutin dapat menghasilkan hasil belajar yang memuaskan. Nilai rata-rata 57,14 dalam kategori baik dan 42,86 dalam kategori cukup dan standar deviasi 12,35. Berdasarkan hasil tersebut dapat diketahui bahwa siswa memiliki hasil belajar yang memuaskan. Terdapat pengaruh yang positif yang tergolong sangat kuat sehingga ada regresi antara kebiasaan belajar terhadap hasil belajar kewirausahaan pada siswa kelas xl administrasi perkantoran.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan kebiasaan belajarnya. Pihak guru disarankan untuk lebih memperhatikan kebiasaan siswa dalam menerima materi pelajaran. Pihak siswa disarankan untuk meningkatkan hasil belajar secara optimal.
13105000350 | ULY p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain