Skripsi
PENGARUH KEMAMPUAN GURU DALAM MEMBUKA DAN MENUTUP PELAJARAN TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN EKONOMI (STUDI PADA SISWA KELAS X PROGRAM KEAHLIAN AKUNTANSI SMK NEGERI 1 DUKUHTURI KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015)
Kata Kunci : Kemampuan Guru dalam Membuka dan Menutup Pelajaran dan Motivasi Belajar
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adanya pengaruh kemampuan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa
Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015 sebanyak 124 siswa. Pengambilan sampel menggunakan teknik cluster sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil 50% dari jumlah populasi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji regresi linear sederhana,
Hasil perhitungan diperoleh harga t hitung yang selanjutnya dibandingkan dengan harga t tabel. Untuk kesalahan 5% uji dua fihak dan dk = n-2 = 60 (dk = 62-2 = 60), maka diperoleh t tabel = 2,000. Ternyata harga t hitung 16,48 lebih besar dari t tabel (t hitung ˃ t tabel), maka dapat disimpulkan bahwa Terdapat pengaruh kemampuan guru dalam membuka dan menutup pelajaran terhadap motivasi belajar ekonomi siswa (studi pada siswa kelas X program keahlian akuntansi SMK Negeri 1 Dukuhturi Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015).
Berdasarkan hasil penelitian maka disarankan kepada siswa untuk meningkatkan semangat belajarnya terutama pada mata pelajaran ekonomi, Pihak guru disarankan untuk lebih meningkatkan keterampilan-keterampilan mengajar dengan efektif sehingga siswa lebih semangat untuk mengikuti pembelajaran.
13115000440 | JUM p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain