Skripsi
STUDI KORELASI TINGKAT PELAYANAN PENGURUS KOPERASI DENGAN KEPUASAN ANGGOTA DALAM PENGGUNAAN JASA PADA KOPERASI PEGAWAI REPUBLIK INDONESIA (KPRI) “KESEJAHTERAAN” GURU SD KECAMATAN TAMAN PEMALANG
Kata Kunci : Tingkat Pelayanan Pengurus Koperasi, Kepuasan Anggota.
Masalah yang dapat dirumuskan dalam penelitian ini adalah apakah ada korelasi tingkat pelayanan pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman-Pemalang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui adakah korelasi tingkat pelayanan pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman-Pemalang.
Penelitian dilaksanakan pada KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman-Pemalang. Metode penelitain menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah anggota KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman sejumlah 555 anggota. Pengambilan sampel menggunakan teknik simple random sampling. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 55 anggota. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Kemudian data tersebut dianalisis dengan menggunakan product moment.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa, ada korelasi tingkat pelayanan pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman. Hal ini dibuktikan dari analisis data uji korelasi product moment yang menunjukkan bahwa pada taraf signifikansi 5% diperoleh 0,798. lebih besar dari yaitu 0,789 > 0,266. Dengan hasil tersebut berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Jadi dapat disimpulakan bahwa ada korelasi tingkat pelayanan pengurus koperasi terhadap kepuasan anggota KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman.
Berdasarkan hasil dari penelitian maka saran yang dapat penulis sampaikan antara lain hendaknya pengurus koperasi tetap konsisten pada tingkat pelayanan yang optimal agar dapat tercapainya kepuasan yang dirasakan oleh para anggota KPRI “Kesejahteraan” Guru SD Kecamatan Taman.
13115000710 | ARD s C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain