Penelitian
Kepuasan Mahasiswa Ditinjau dari Kualitas Pelayanan dan Perilaku Etis Petugas Administrasi
Yulianto, A.Rony. 2014. Kepuasan Mahasiswa Ditinjau dari Kualitas Pelayanan dan Perilaku Etis Petugas Administrasi (Studi tentang Kualitas Pelayanan dan Perilaku Etis Petugas Administrasi Fakultas Menurut Pandangan Mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi, FKIP Universitas Pancasakti Tegal). Penelitian Dosen. Program Studi Pendidikan Ekonomi, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Pancasakti Tegal.
Kata kunci: kualitas pelayanan, perilaku etis, dan Kepuasan mahasiswa.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas pelayanan petugas adminstrasi terhadap kepuasan mahasiswa; pengaruh perilaku etis petugas adminstrasi terhadap kepuasan mahasiswa; serta pengaruh kualitas pelayanan dan perilaku petugas adminstrasi secara bersama-sama terhadap kepuasan mahasiswa. Populasi adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Ekonomi FKIP UPS Tegal yang terdaftar pada Semester Genap Tahun Akademik 2013-2014 dengan jumlah 333 orang. Sejumlah 74 orang mahasiswa dilibatkan sebagai subjek penelitian yang diambil dengan cara sampling insidental. Metode yang digunakan untuk mengumpulkan data adalah metode kuesioner. Hasil penelitian ini menunjukan: 1) kualitas pelayanan petugas administrasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan koefisien regresi βx1y = 0,993 dan taraf signifikansi 0,000; 2) perilaku etis petugas administrasi berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan koefisien regresi βx2y = 0,855 dan taraf signifikansi 0,000; 3) kualitas pelayanan dan perilaku etis petugas administrasi secara bersama-sama berpengaruh signifikan terhadap kepuasan mahasiswa, dengan persamaan regresi berganda yang terbentuk Y = 17,693 + 0,530X1 + 0,543X2 + е dan taraf signifikansi 0,000.
8612015PEN | 658 RON k C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain