Penelitian
STRATEGI PROGRAM PENGEMBANGAN SEKOLAH RAMAH ANAK DI SMA KOTA TEGAL DALAM STANDAR PENDIDIKAN NASIONAL
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kondisi riil Sekolah Ramah Anak di lingkungan SMA se Kota Tegal dan untuk menemukan strategi program pengembangan Sekolah Ramah Anak yang sesuai dengan kondisi Kota Tegal. Popupasi penelitian ini mencakup semua guru dan pesera didik di lingkungan SMA se Kota Tegal sejumlah 5738 dengan rincian jumlah guru sebanyak 425 dan peserta didik sejumlah 5313. Adapun jumlah sampel 43 guru dan 531 peserta didik. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket, wawancara dan observasi. Selanjutnya dianalisis dengan deskriptif prosentase dan cara berfikir induktif. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa pelaksanaan sekolah ramah anak di lingkungan SMA Kota Tegal belum sepenuhnya dilaksanakan meskipun sudah dimaksimalkan Adapun strategi yang digunakan dalam mengembangkan strategi sekolah ramah anak memuat 4 unsur yaitu: perencanaan program sekolah yang sesuai dengan tahap-tahap pertumbuhan dan perkembangan peserta didik, lingkungan sekolah yang mendukung pertumbuhan dan perkembangan peserta didik,aspek sarana dan prasarana yang memadai dan sekolah juga menjamin hak partisipasi anak. Oleh krena itu disarankan sekolah untuk lebih mengupayakan terwujudnya program sekolah ramah anak yang berstandar pendidikan nasional dan perlu dilakukan penelitian lebih luas dan mendalam.
Kata kunci: sekolah ramah anak
8712015PEN | 370 MAU s C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain