Penelitian
Pengaruh Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran dan Motivasi Guru terhadap Jenjang Karier Guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal
Kemampuan guru dalam proses pembelajaran atau seringkali disebut dengan profesionalisme guru merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi oleh seseorang yang berprofesi sebagai seorang guru. Untuk melaksanakan fungsi dan
tugasnya, kemampuan guru dalam proses pembelajaran dapat di peroleh melalui pendidikan dan latihan. Penelitian ini bertujuan untuk menguji apakah kemampuan guru dalam proses pembelajaran (profesionalisme guru) dan motivasi guru berpengaruh secara simultan dan parsial terhadap jenjang karir guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal. Populasi penelitian adalah guru SD yang berstatus pegawai negeri sipil dengan pangkat/ golongan IV/a berjumlah 166 orang guru dan IV/b yang berjumlah 2 orang guru. Sampel di ambil menggunakan teknik purposive sampling, sehingga di peroleh sampel sebesar 42 orang guru
yaitu 40 orang dengan pangkat IV/a dan 2 orang dengan pangkat IV/b. Data penelitian dianalisis dengan menggunakan alat statistik, yaitu uji F untuk mengetahui secara keseluruhan pengaruh dari semua variable independent secara
simultan terhadap variable dependent. Hasil penelitian dapat di lihat dari uji ANOVA atau F test, diperoleh F hitung sebesar 134,659 dengan tingkat probabilitas 0.000 (signifikansi). Nilai probabilitas yang jauh lebih kecil dari 0,01, maka model regresi dapat dikatakan bahwa independent variable yaitu Kemampuan Guru dalam Proses Pembelajaran (profesionalisme) dan Motivasi
Guru secara simultan berpengaruh terhadap Jenjang Karier Guru SD di Kecamatan Kramat Kabupaten Tegal.
Kata kunci : kemampuan guru, motivasi guru, jenjang karir
9032016PEN | 371 NAF p C.1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain