Skripsi
PENGARUH PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL DALAM PEMBELAJARAN MATA PELAJARAN EKONOMI TERHADAP PRESTASI BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS X SMA PGRI 1 TAMAN PEMALANG TAHUN PELAJARAN 2015/2016
SOLEKHA, SITI. 2016. Pengaruh Penggunaan Media Audio Visual dalam Pembelajaran Mata Pelajaran Ekonomi Terhadap Prestasi Belajar Preserta Didik Kelas X SMA PGRI I Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016.Skripsi. Pendidikan Ekonomi. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan. Universitas Pancasakti Tegal.
Pembimbing I Dra. Hj. Dewi Aprian Fr,MM Pembimbing II Dra. Hj. Faridah, M.Si.
Kata Kunci : Penggunaan Media Audio Visual Mata Pelajaran Ekonomi, Prestasi Belajar
Permasalahan pada penelitian ini adalah Adakah pengaruh pengguaan media audio visual dalam pembelajaran mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA PGRI I Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk mengetahui pengaruh penggunaan media audio visual dalam pembelajaran mata pelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016.
Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif, yaitu pendekatan penelitian dengan menggunakan angka-angka dan pengolahan statistik. Adapun jenis penelitian yang digunakan adalah jenis penelitian korelasional yaitu penelitian yang ditujukan untuk mengetahui suatu variabel dengan variabel lain yang dinyatakan dalam bentuk statistik.
Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas X SMA PGRI I Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016 keseluruhannya berjumlah 175 anak yang terdiri atas 5 kelas. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik proportional random sampling. Sampel dalam penelitian ini diambil sebanyak 40 peserta didik. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah angket dan dokumentasi. Teknik analisi data menggunakan rumus regresi linear sederhana dan uji signifikan dengan uji t.
Teknik analisis data menggunakan rumus regresi linear sederhana sebesar (0,654) dengan konstanta sebesar (26,975), sehingga terdapat pengaruh yang signifikan atau positif. Selanjutnya untuk menguji hipotesis digunakan uji t diperoleh thitung sebesar (5,271), sedangkan ttabel pada taraf signifikan 5% dengan db = N – 2 = 38 diperoleh sebesar 0,312 berarti thitung 5.271 > ttabel 0,312. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa Ha diterima yang menyatakan “Ada pengaruh yang signifikan antara penggunaan media audio visual dalam pembelajaran ekonomi terhadap prestasi belajar peserta didik kelas X SMA PGRI 1 Taman Pemalang Tahun Pelajaran 2015/2016”, dapat diterima.
Berdasarkan hasil penelitian maka disarahkan kepada peserta didik untuk meningkatkan prestasi belajar yang dimiliki lebih di kembangkan lagi, salah satunya bisa memalui media audio visual dalam pembelajaran mata pelajaran ekonomi, sehingga prestasi belajar peserta didik dapat berkembang dengan baik.
13115000180 | SIT p C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain