Skripsi
FAKTOR-FAKTOR YANG MELATARBELAKANGI BERPERILAKU AGRESIF PADA PESERTA DIDIK KELAS X SMA NEGERI 1 KRAMAT KABUPATEN TEGAL TAHUN PELAJARAN 2014/2015
Kata Kunci: Faktor-faktor yang melatarbelakangi, perilaku agresif, dan peserta didik.
Penelitian ini dilatarbelakangi adanya perilaku agresif peserta didik di sekolah sudah menjadi persoalan yang serius. Perilaku agresif peserta didik ditandai dengan mogok sekolah, perploncoan peserta didik baru, tawuran antar pelajar dan maraknya geng motor. Sedangkan perilaku agresif yang umumnya terjadi di lingkungan sekolah yaitu: menyuruh teman, memalak, mengejek, menendang dan lain sebagainya.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) bentuk perilaku agresif pada peserta didik, 2) mengungkap faktor-faktor apa saja yang melatarbelakangi berperilaku agresif pada peserta didik, dan 3) mendeskripsikan upaya guru BK mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal Tahun Pelajaran 2014/2015.
Pendekatan penelitian menggunakan pendekatan kualitatif dengan strategi penelitian studi kasus. Sumber data utama adalah kata-kata, dan tindakan, selebihnya data tambahan seperti dokumen dan lain-lain. Wujud data berupa data primer yaitu bersumber hasil wawancara dan data sekunder yaitu berupa dokumen atau laporan di SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal. Penulis mengambil 7 peserta didik yang mempunyai perilaku agresif sebagai subjek penelitian. Teknik pengumpulan data menggunakan: dokumentasi, wawancara, dan observasi. Analisa data dengan pembuktian induktif melalui empat tahapan, yaitu: pengumpulan data, reduksi data, sajian data, dan simpulan/verifikasi data.
Hasil penelitian menunjukkan 1) Bentuk perilaku agresif pada peserta didik masih dalam batas kewajaran. Perilaku tersebut masih dianggap gurauan oleh teman-temannya, bentuk perilaku agresif: melempar gulungan kertas, menendang kursi teman yang di depan, keplak-keplak kepala (nonyol), mencubit, menarik-narik jilbab peserta didik perempuan, berkata-kata kasar, kotor, dan suka menyuruh temannya. 2) Faktor-faktor yang melatarbelakangi berperilaku agresif pada peserta didik adalah faktor sosial (mendapat kegagalan, sedih, marah), faktor pesonal, faktor situasional (lingkungan yang panas, kelelahan), dan media masa. 3) Upaya guru BK dalam mengatasi perilaku agresif pada peserta didik kelas X SMA Negeri 1 Kramat Kabupaten Tegal tahun pelajaran 2014/2015 menangani perilaku agresif yaitu dengan kebijakan sekolah berupa tata tertib sekolah, tindakan guru pembimbing, dan memberikan konseling individu dalam menangani perilaku agresif peserta didik.
Guru pembimbing diharapkan untuk selalu memaksimalkan program bimbingan dan konseling guna pengembangan dan pemeliharaan agar peserta didik tidak berperilaku agresif.
11095011840 | SIT f C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain