Skripsi
EFEKTIFITAS LAYANAN BIMBINGAN KARIR TERHADAP PENINGKATAN KEMAMPUAN BERWIRAUSAHA BAGI PESERTA DIDIK KELAS XI SMK PUSPONEGORO JATIBARANG KABUPATEN BREBES TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Kata Kunci: Efektifitas, layanan bimbingan karir, kemampuan berwirausaha.
Penelitian ini dilatarbelakangi masih banyak peserta didik kurang dapat mengembangkan kemampuan berwirausaha. Hal ini dapat dilihat pada saat praktek, peserta didik terlihat hanya menerapkan teori secara umum yang diajarkan oleh guru. Peserta didik kurang dapat mengembangkan dan memadukan teori-teori, peserta didik juga terlihat tidak dapat menginternalisasikan bakat yang ada sehingga tidak mempunyai gagasan-gagasan baru untuk berkreasi.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui: 1) Tingkat kemampuan berwirausaha peserta didik sebelum diberikan layanan bimbingan karir, 2) Tingkat kemampuan berwirausaha peserta didik sesudah diberikan layanan bimbingan karir, dan 3) Efektifitas layanan bimbingan karir terhadap kemampuan berwirausaha bagi peserta didik kelas XI SMK Pusponegoro Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016.
Populasi penelitian 50 peserta didik yang kurang mempunyai kemampuan berwirausaha, karena populasi dalam penelitian kurang dari 100 maka penelitian tidak menggunakan sampel penelitian, yang terdiri dari kelompok I sebanyak 25 peserta didik dan kelompok II sebanyak 25 peserta didik. Data dikumpulkan menggunakan angket, wawancara, observasi, dan dokumentasi. Uji validitas digunakan rumus korelasi product moment dari Pearson dan uji reliabilitas digunakan rumus rumus belah dua dari Spearman Brown. Analisis data menggunakan deskriptif persentase dan statistik Uji-t.
Hasil penelitian menunjukkan: 1) Tingkat kemampuan berwirausaha peserta didik yang diberi layanan bimbingan karir di kelas XI SMK Pusponegoro Jatibarang Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016 dalam kategori sedang (52%), terlihat dari perolehan skor paling banyak pada interval 119-124. 2) Tingkat kemampuan berwirausaha peserta didik yang tidak diberi layanan bimbingan karir di kelas XI SMK Pusponegoro Jatibarang Kabupaten Brebes tahun pelajaran 2015/2016 dalam kategori kurang (48%), terlihat dari perolehan skor paling banyak pada interval 113-118. 3) Layanan bimbingan karir efektif dalam meningkatkan kemampuan berwirausaha bagi peserta didik kelas XI SMK Pusponegoro Jatibarang Kabupaten Brebes Tahun Pelajaran 2015/2016, terbukti dari hasil analisis statistik uji-t, diperoleh nilai thitung = 3,100. Dengan derajat kebebasan (dk) = 25 + 25 - 2 = 48, pada taraf signifikan 5%, dari tabel distribusi t diperoleh harga ttabel (tt) = 2,011. Karena thitung ttabel atau 3,100 2,011, maka Ho ditolak dan Ha diterima.
Guru Pembimbing diharapkan dapat meningkatkan agar pelayanan bimbingan karir dapat berjalan dengan maksimal untuk meningkatkan kemampuan berwirausaha peserta didik. Untuk pihak sekolah diharapkan selalu melakukan evaluasi dan monitoring pelaksanaan layanan bimbingan karir di sekolah.
11115001460 | SLA e C1 | Tersedia |
Tidak tersedia versi lain